get app
inews
Aa Read Next : Syukuran Kemenangan, Relawan Prabowo-Gibran Adakan Buka Bersama Ajak Wartawan Solo

Tiga Caleg PDIP Grobogan Mengundurkan Diri, Jatah Kursi DPRD Bergeser ke Siapa

Senin, 25 Maret 2024 | 17:25 WIB
header img
Ketua DPC PDIP Grobogan Sri Sumarni menyerahkan dokumen pengunduran diri tiga caleg kepada Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – KPU Grobogan menggelar rapat penetapan caleg terpilih, namun tiga caleg dari PDIP Grobogan mengundurkan diri. Padahal perolehan suara ketiganya cukup tinggi.

Informasi yang diperoleh menyebutkan ketiga caleg dari PDI Perjuangan yang mengundurkan diri tersebut adalah Asih Wiji Astuti dari dapil 1 dan Siswati Budhiyani dan Bambang Guritno dari dapil 2.

Mengenai pengunduran diri ketiga caleg PDIP tersebut, Komisioner KPU Grobogan Suwiknyo mengatakan ada surat dari DPC PDIP Grobogan yang diserahkan ke KPU. 
 
“Iya DPC PDIP (Grobogan) menyampaikan anggotanya mengundurkan diri, ada tiga orang. Yakni Asih, Bambang Guritno serta Siswati,” jelas Suwiknyo kepada muria.inews.id, Senin (25/3/2024).

Ketika ditanya mengenai alasan pengunduran diri dari ketiga caleg PDIP tersebut, Suwiknyo mengatakan hal itu merupakan urusan internal partai. 

”Silakan tanya ke partai. Sementara itu dulu,” kata Suwiknyo.

Dari data yang ada,  Asih merupakan caleg petahana yang memperoleh 8.387 suara di dapil 1 sehingga berada di peringkat kedua perolehan suara terbanyak di dapil itu. Semestinya dia berhak atas satu kursi di DPRD Grobogan.

Namun dengan pengunduran dirinya maka caleg PDIP atas nama Norisa Sintikhe Matatias memiliki peluang untuk meraih kursi di DPRD Grobogan dari dapil 1 dengan perolahan 7.257 suara.

Pengunduran diri caleg PDIP juga terjadi di dapil 2 Grobogan atas nama caleg Siswati Budhiyani dan Bambang Guritno seperti yang disampaikan DPC PDIP Grobogan dalam suratnya ke KPU.

Dengan adanya pengunduran diri dua caleg di dapil 2 peringkat keempat dan kelima dalam perolehan suara tersebut, maka caleg PDIP lainnya, Erin Vincia Dora memiliki peluang untuk mendapatkan kursi di DPRD Grobogan.

Dalam Pemilu 2024 untuk pemilihan legislatif di dapil 2 Grobogan, Erin memperoleh 4.854 suara di bawah nama Siswati dan Bambang Guritno.

Surat pengunduran diri ketiga caleg tersebut dari foto yang diterima, terlihat diterima langsung oleh Ketua KPU Grobogan dari Ketua DPC PDIP Grobogan Sri Sumarni.

Ketua DPC PDIP Sri Sumarni dalam kesempatan itu didampingi, Sekretaris DPC Agus Siswanto, serta Bendahara DPC Lusia Indah Artani.  Sedangkan ketua KPU didampingi komisioner KPU Agung Budi Presetyo dan Suwiknyo.

Mengenai pengunduran diri caleg, Sekretaris DPC PDIP Grobogan Agus Siswanto ketika dikonfirmasi wartawan enggan berkomentar banyak. Agus Siswanto mengatakan akan menyampaikannya seusai penetapan KPU Grobogan. 

”Nanti dulu. Besok kalau sudah penetapan KPU,” ujarnya singkat kepada wartawan. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut