Ini Lima Poin Deklarasi Pilkada Damai Yang Digelar IJTI dan KPU Grobogan di Car Free Day

Arif Fajar
Bupati Grobogan Sri Sumarni disaksikan Kapolres Grobogan dan Dandim Grobogan menandatangani banner Deklarasi Pilkada Damai, Minggu (11/8/2024). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Deklarasi dan penadatanganan banner Pilkada Damai digelar Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Muria Raya bekerja sama dengan KPU Grobogan, Minggu (11/8/2024).

Kegiatan yang digelar di arena car free day (CFD) di depan gedung Wisuda Budaya Purwodadi didahului dengan kegiatan senam bersama yang diikuti juga oleh forkompimda dan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan deklarasi Pilkada Damai dan HUT ke 26 IJTI tersebut Bupati Grobogan Sri Sumarni, Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan, Dandim 0717 Grobogan Letkol Arh Muda Setyawan dan Kajari  Grobogan Iqbal.

Wakil Ketua IJTI Muria Raya Arif Nur menyampaikan, bahawa, kesuksesan penyelenggaaan Pilkada 2024 tak semata tanggungjawab KPU. Namun kesuksesan pesta demokrasi itu merupakan tanggungjawab bersama.

”Kegiatan ini mengusung tema jurnalisme positif berharap Pilkada sukses, di antara caranya dengan menyiarkan berita yang tidak provokatif sehingga mencegah perpecahan,” kata Arif.

Melalui jurnalisme positif, lanjut Arif, pihaknya berupaya mengedukasi masyarakat melalui pemberitaan. Sehingga, partisipasi masyarakat pada Pilkada kali ini meningkat untuk menyampaikan suaranya.

”Perlu diketahui, partisipasi pemilih di Grobogan pada Pilkada sebelumnya paling rendah di Jawa Tengah. Semoga melalui kegiatan ini partisipasi pemilih di Pilkada 2024 meningkat,” ujar Arif.

Dalam kesempatan tersebut seusai senam bersama, Wakil Ketua IJTI Muria Raya Arif Nur membacakan lima poin Deklarasi Pilkada Damai dan diikuti Forkompimda Grobogan.

Setelah pembacaan deklarasi, Bupati Grobogan, forkompimpda menandatangani banner Deklarasi Pilkada Damai diikuti perwakilan PCNU Grobogan, PD Muhammadiyah Grobogan, BEM Universitas Annur dan PWI Grobogan.

Adapun poin Deklarasi Pilkada Damai tersebut, pertama, kesiapan menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Kedua, siap mensukseskan Pilkada serentak 2024 yang bermartabat, berintegritas, jujur, adil, aman, damai, dan demokratis. 

Ketiga, siap patuh dan tunduk pada perundang-undangan yang berlaku di NKRI. Keempat, siap menolak segala bentuk penyebaran hoaks, ujaran kebencian, money politics, dan upaya politisisasi agama. 

Kemudian poin kelima Deklarasi Pilkada Damai, adalah siap mendukung jurnalisme positif dan memberikan informasi yang akurat, netral, dan obyektif kepada masyarakat.

Menurut Komisioner KPU Grobogan Ngatiman momentum bulan jurnalis ini, KPU bersama IJTI mempelopori penyelenggaraan Pilkada serentak secara damai, sehat, berintegiras, bermartabat, dan menyenangkan.

“Sehingga masyarakat tergugah untuk menggunakan hak pilihnya dengan senang dan sehat pada Pilkada 2024,” ujarnya. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network