get app
inews
Aa Read Next : Siswa MAN 1 Grobogan Deklarasikan Dukungan Jawa Tengah Zero Knalpot Brong

Cegah Gesekan Saat Kampanye, Polda Jateng Minta Peserta Tak Gunakan Knalpot Brong

Minggu, 01 September 2024 | 16:06 WIB
header img
Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Sonny Irawan melakukan pemusnahan knalpot brong secara simbolis saat Apel Deklarasi Jateng Zero Knalpot Brong di Semarang, Minggu (31/8/2024). (dok Humas Polda Jateng)

SEMARANG,iNewsMuria.id – Polda Jateng melakukan pencegahan terjadinya gesekan antar peserta kampanye Pilkada 2024 di Jawa Tengah dengan mengimbau peserta tak gunakan knalpot brong.

Hal itu disampaikan saat Polda Jateng menggelar Apel Deklarasi Jateng Zero Knalpot Brong (tidak sesuai spesifikasi teknis) di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Kota Semarang, Minggu (1/9/2024).

“Kegiatan ini sebagai upaya Polda Jateng bersama seluruh stakeholder, untuk menciptakan sitkamtibmas yang kondusif menjelang Pilkada 2024 di Jawa Tengah,” jelas Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Sonny Irawan dalam keterangan persnya.

Menurut Kombes Pol Sonny, ada beberapa hal yang menjadi perhatian pihaknya terkait penertiban knalpot brong. Yaitu dari sisi teknis melanggar aturan UU Lalu Luntas terkait spesifikasi teknis kendaraan.

Kemudian dari sisi lingkungan, tambah Dirlantas Polda Jateng, penggunaan knalpot brong menambah polusi udara dan juga mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya.

“Serta mengandung kerawanan karena dapat menjadi pemicu terjadinya gesekan atau konflik antar kelompok akibat adu suara knalpot brong,” ujar Kombes Pol Sonny Irawan.

Deklarasi Jateng Zero Knalpot Brong, sambungnya, sekaligus sebagai upaya mitigasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Hal ini karena sebentar lagi akan dilaksanakan kampanye terbuka sebagai tahapan Pilkada 2024

Kombes Sony Irawan berharap stakeholder dan elemen masyarakat termasuk parpol peserta Pemilu sebagai kepanjangan tangan Polri, bisa mensosialisasikan kepada massa atau kelompoknya agar tidak menggunakan knalpot brong saat kampanye.

"Penertiban nanti oleh partainya, saat kampanye maupun di titik pemberangkatan menuju lokasi kampanye. Sehingga saat bertemu dengan kelompok lain tidak terjadi gesekan akibat adu suara knalpot brong,” lanjut Dirlantas.

Dengan demikian, menurut Kombes Sonny, diharapkan tidak terjadi lagi peristiwa gesekan masyarakat akibat penggunaan knalpot brong seperti yang pernah terjadi di wilayah Magelang dan Boyolali.

“Kami harapkan kampanye Pilkada 2024 di Jawa Tengah berlangsung aman, lancar dan damai,” tandasnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seribuan peserta yang terdiri dari Forkopimda Provinsi Jateng, Parpol peserta Pemilu, KPU, Bawaslu, perwakilan pelajar, mahasiswa, serta sejumlah Komunitas Otomotif Lokal maupun Nasional.

Dilakukan penyerahan  knalpot brong dan rompi kepada perwakilan peserta, pembacaan Ikrar oleh Dirlantas diikuti seluruh peserta apel. Lalu pemusnahan knalpot brong secara simbolis dan penandatanganan deklarasi.(*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut