Penting, Perlindungan Konsumen Untuk Mendorong Inklusi Keuangan

kontributor
Pertemuan 3rd Global Partnership for Financial Inclusion (GPFI) Plenary Meeting bertema “Diskusi Terkait Prioritas GPFI", Rabu (5/10/2022) di Yogyakarta.

MURIA.iNews.id--Deputi Gubenur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo menekankan pentingnya kolaborasi antara otoritas publik dengan sektor swasta dalam memfasilitasi inovasi khususnya di area keuangan dan pembayaran.

Ini perlu diimbangi dengan upaya meningkatkan literasi keuangan digital kelompok rentan dan UMKM, serta penguatan kebijakan perlindungan konsumen. Di samping itu, pendekatan inklusi keuangan yang diambil perlu mempertimbangkan perbedaan kondisi dan karakteristik tiap negara.

Dody Budi Waluyo mengatakan hal itu dalam pertemuan 3rd Global Partnership for Financial Inclusion (GPFI) Plenary Meeting bertema “Diskusi Terkait Prioritas GPFI" pada 5 Oktober 2022 di Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu, Presidensi G20 Indonesia, melalui tim kerja kembali menekankan pentingnya inklusi keuangan yang dapat mengurangi kesenjangan akibat tantangan pemulihan ekonomi pascapandemi dan kenaikan harga energi serta pangan.

Itu diwujudkan dengan penyusunan Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi setiap golongan masyarakat. Kerangka tersebut berisi panduan implementasi, perangkat regulasi, serta penguatan data inklusi keuangan.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network