Logo Network
Network

Saksikan Pelantikan 95 Angota PPK Pemilu 2024, Bupati Grobogan : Jaga Independensi, Adil, dan Objekt

Arif F
.
Kamis, 05 Januari 2023 | 03:48 WIB
Saksikan Pelantikan 95 Angota PPK Pemilu 2024, Bupati Grobogan : Jaga Independensi, Adil, dan Objekt
Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo melantik dan mengambil sumpah 95 anggota PPK Pemilu 2024 di Hotel Grand Master, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Rabu (4/1/2023). (Arif F)

GROBOGAN,iNewsMuria.d-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan melantik 95 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Hotel Grand Master, Purwodadi, Rabu (4/1/2023).

Anggota PPK dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo disaksikan Bupati Grobogan Sri Sumarni, Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi, Dandim 0717/Grobohan Letkol ARH Muda Setyawan, Ketua DPRD Agus Siswanto, Kepala Kesbangpol Daru Wisakti, dan sejumlah camat. 

"Selamat bertugas kepada anggota PPK yang baru saja dilantik. Laksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku. Nantinya anggota PPK akan bertugas selaman15 bulan," jelas  Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo.

Menurut Komisioner KPU Grobogan bidang Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Ngatiman, ada 585 pendaftar yang diumumkan lolos seleksi administrasi. Dan tanggal 2 hingga 10 Desember 2022, masyarakat diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan kepada calon peserta seleksi anggota PPK tersebut.

Dari 585 pendaftar yanh mengikuti seleksi tertulis, lanjut Ngatiman, ada 293 yang dinyatakan lulus tes tertulis (CAT) dan berhak mengikuti tes wawancara. Jumlah tersebut sesuai aturan yakni tiga kali kebutuhan PPK di masing-masing kecamatan.

"Masing-masing kecamatan dibutuhkan 5 anggota PPK, dikalikan 19 kecamatan jadi butuh 95 anggota PPK," jelas Ngatiman.

Sementara Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam sambutannya menyampaikan, anggota PPK yang baru saja dilantik harus memahami tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) serta kewenangannya. Selain itu dalam menjalankan tugas anggota PPK harus memahami aturan yang berlaku dan tetap berpegang pada pakta integritas.

"PPK merupakan kepanjangan tangan KPU harus menjaga independensi, adil, objektif, dan akuntable. Dalam menjalankan tugas harus berpedoman pada aturan penyelenggaraan Pemilu. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada anggota PPK yang baru dilantik, semoga Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan tenteram tanpa ada permasalahan," kata Bupati Sri Sumarni.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.