get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

Banjir Landa Kota Purwodadi Grobogan Kali Kedua di 2024, Ribuan Kepala Keluarga Terdampak

Jum'at, 15 Maret 2024 | 15:02 WIB
header img
Petugas PMI Grobogan mengevakuasi warga terdampak banjir di Kota Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jumat(15/3/2024). (dok PMI Grobogan)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Kota Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah kembali dilandabanjir untuk kedua kalinya pada Jumat (15/3/2024). Setelah sebelumnya banjir terjadi pada 7 Februari 2024.

Banjir kali ini akibat hujan yang terus menerus sejak Kamis (14/3/2024), hingga menyebabkan beberapa perkampungan tergenang banjir. Banjir kemudian semakin meluas pada Jumat (15/3/2024) dan hingga sore masih ada lokasi yang belum surut.

Data yang dihimpun menyebutkan, banjir merendam lingkungan (kampung) Banaran, Jetis, Jagalan, Kemasan, Jengglong, Palembahan, Glugu, Plendungan, Kuripan, Gebangan.

Bahkan banjir juga mengepung Kantor Setda Grobogan, Alun Alun Purwodadi, DPRD Grobogan, Kejaksaan Negeri, Kantor Perhutani, serta jalan di depan Kodim 0717/Grobogan.

Termasuk juga rumah dinas Bupati Grobogan, rumah dinas Wabup Grobogan, Jl Siswomiharjo, Bawaslu, Kantor KPU, Segitiga Emas, Kantor Pos. Bahkan air juga sampai masuk ke dalam lingkungan kantor KPU Grobogan

Jalan utama Kota Purwodadi yakni Jl R Suprapto mulai utara SPBU hingga Rumah Sakit Panti Rahayu Yakkum Purwodadi bahkan air masuk ke dalam rumah sakit, jalan depan RSUD Purwodadi, PMI Grobogan dan Pasar Induk Purwodadi.

Kepala Kelurahan Purwodadi Agus Purwanto kepada awak media menjelaskan, bahwa banjir di pertengahan Maret ini lebih tinggi airnya apabila dibandingkan banjir satu bulan lalu pada Februari 2024.

Data sementara dari Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, ada 23 RW yang terdampak banjir kali ini. Di mana lanjut Lurah Purwodadi Agus Purwanto, ada 4.317 kepala keluarga (KK) yang terdampak.

Kepala keluarga yang terdampak banjir tersebut, sambung Agus Purwanto, karena air menggenangi permukiman wrga di sekitar Jl R Suprapto, Jl Hayam Wuruk, Jl DI Panjaitan, Jl MT Haryono, Jl Kartini, Jl Gatot Subroto.

“Warga yang terdampak banjir, paling banyak di Jalan R Suprapto, tepatnya di pemukiman belakang Mini Mall Surya Laksana, Pasar Swalayan Luwes atau lingkungan Jetis,” jelasnya.

Tim dari BPBD, PMI, kepolisian, TNI, Satpol PP dan dinas terkait serta sukarelawan terus bergerak membantu proses evakuasi warga yang terdmpak banjir di Purwodadi dan sejumlah kecamatan lainnya di Kabupaten Grobogan. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut