Puasa Sunnah Rajab, Inilah Doa-doa pada Bulan Rajab dan Jadwal Puasanya, Lengkap

Ade Achmad Ismail
.
Selasa, 01 Februari 2022 | 15:08 WIB
Ilustrasi ibadah pada bulan rajab (foto: istimewa)

Kudus, Muria.iNews.id - Bulan Rajab adalah bulan yang mulia dan bulan mendekati bulan penuh keberkahan Bulan Ramadhan. Kehadiran bulan Rajab selalu ditunggu-tunggu umat muslim seluruh dunia. Dalam hitungan kalender islam, bulan Rajab dimulai pada hari Rabu, tanggal 2 Februari 2022.

Pada tanggal tersebut juga, yang telah dinyatakan masuk bulan Rajab seluruh muslim disunnahkan untuk melakukan puasa dua hari, yaitu pada tanggal 2 dan 3 Februari 2022 atau 1 dan 2 Bulan Rajab.

Berpuasa pada bulan rajab adalah amalan yang paling baik. Rasulullah SAW selalu berpuasa di bulan rajab ini. Diriwayatkan dalam hadits sahih bahwa Rasulullah SAW berpuasa di Bulan Rajab.

Kesunnahan puasa Rajab juga dapat diambil dari dalil-dalil umum mengenai dianjurkannya berpuasa pada empat bulan haram. Disebutkan dalam Shahih Muslim, (hadits no. 1960):

عن عُثْمَانَ بْنِ حَكِيمٍ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ سَأَلْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ عَنْ صَوْمِ رَجَبٍ وَنَحْنُ يَوْمَئِذٍ فِي رَجَبٍ فَقَالَ سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ

Halaman : 1 2 3 4 5
Bagikan Artikel Ini