get app
inews
Aa Read Next : Syukuran Kemenangan, Relawan Prabowo-Gibran Adakan Buka Bersama Ajak Wartawan Solo

KPU Grobogan Antisipasi Antrian Pendaftaran Bacaleg Dua Hari Terakhir

Jum'at, 12 Mei 2023 | 18:58 WIB
header img
Partai Demokrat mendaftarkan bacaleg ke KPU Grobogan, Jumat (12/5/2023). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Komisi Pemilihan Umum atau KPU Grobogan mengantisipasi adanya antrian pendaftaran bacaleg di dua hari terakhir. Mengingat hingga Jumat (12/5/2023) baru enam parpol di Kabupaten Grobogan, yang mendaftarkan bacalegnya.

Sebagaimana diketahui pada Rabu (10/5/2023), Partai Ummat mendaftarkan berkas dari 21 bacaleg yang tersebar di lima dapil yang ada di Kabupaten Grobogan. Kemudian pada Kamis (11/5/2023)ada PKS yang menyerahkan berkas pendaftaran dari 47 bacalegnya.

Setelah itu disusul Partai Nasdem yang mendaftarkan berkas pendaftaran 50 bacalegnya ke KPU Grobogan. Kemudian pada sore harinya PDI Perjuangan menyerahkan berkas pendaftaran 50 bacaleg.

"Untuk Jumat (12/5/2023) ada dua partai politik yang mendaftarkan bacaleg ke KPU Grobogan, yakni Partai Demokrat dan PAN," kata Anggota KPU Kabupaten Grobogan Divisi Teknis Penyelenggaraan, Suwiknyo.

Mengingat baru 6 parpol dari 18 parpol di Kabupaten Grobogan yang mendaftarkan bakal calon legislatif atau bacaleg, maka dua hari terakhir pendaftaran atau pada Sabtu dan Minggu 13-14 Mei, diperkirakan ada antrian pendaftaran.

Hari Sabtu dan Minggu lanjut Suwiknyo dipastikan ada penumpukan, namun di regulasi mengatur pada Minggu pendaftaran bacaleg dari parpol peserta Pemilu 2024 diberi kesempatan hingga pukul 23.59 WIB.

"Guna mengantisipasi penumpukan, KPU Grobogan menyiapkan tim pararel, satu tim mendampingi mengasistensi tiga hingga empat partai politik. Sehingga proses pendaftaran lancar," jelas Suwiknyo.

Pada Jumat pagi, Partai Demokrat Grobogan dipimpin Ketua Arif Miftahul Huda dan Sekretaris Bukhori bersama pengurus dan bacaleg menyerahkan berkas pendaftaran 46 bacaleg ke KPU Grobogan.

"Saat ini Partai Demokrat memiliki 2 wakil di DPRD Grobogan, sedang target untuk Pemilu 2024, 7 kursi," jelas Bukhori.


PAN menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg ke KPU Grobogan, Jumat (12/5/2023). (Arif F)

Sementara setelah salat Jumat, Partai Amanat Nasional atau PAN Grobogan menyerahkan berkas 50 bacaleg. Didominasi 30 persen anak muda, 30 persen keterwakilan perempuan dan sisanya wajah lama.

"Untuk Pemilu 2024 sesuai instruksi DPP PAN, maka untuk target perolehan kursi dari PAN Grobogan adalah satu daerah pemilihan atau dapil bisa meraih satu kursi di DPRD Grobogan," jelas Ketua DPD PAN Grobogan Mariman.(*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut