get app
inews
Aa Read Next : Tiga Caleg PDIP Grobogan Mengundurkan Diri, Jatah Kursi DPRD Bergeser ke Siapa

Pendaftaran Caleg Sudah Dibuka, Namun Belum Ada Partai yang Mendaftar di KPU Kota Semarang

Selasa, 02 Mei 2023 | 22:45 WIB
header img
Ilustrasi Pemilu 2024 (Foto : Istimewa)

SEMARANG, iNewsMuria.id - Meski pengajuan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang pada Pemilihan Umum 2024 sudah dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, namun pada hari pertama, belum ada partai politik yang mendaftar.

Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom menyampaikan bahwa pembukaan pendaftaran bacaleg melalui partai politik pada Pemilu 2024 dimulai tanggal 1 Mei hingga 14 Mei 2023.

Pembukaan pendaftaran bacaleg itu didasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10/2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

Sosok yang akrab disapa Nanda itu menyebutkan jam pelayanan pendaftaran dimulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB untuk tanggal 1-13 Mei 2023, sedangkan hari terakhir tanggal 14 Mei ditutup hingga pukul 23.59 WIB.

Parpol peserta pemilu, lanjut dia, mengajukan bakal calon setelah memperoleh persetujuan dari ketua umum dan sekretaris jenderal parpol yang sah sesuai dengan keputusan menteri terkait.

Secara teknis, papar dia, parpol peserta pemilu di kepengurusan tingkat Kota Semarang mengajukan dokumen persyaratan pengajuan bakal calon setelah mengirimkan data dan dokumen persyaratan melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Selain itu, Nanda mengatakan partai politik yang akan melakukan pendaftaran agar terlebih dahulu melakukan konfirmasi.

"Sejauh dari data yang diterima Divisi Teknis KPU Kota Semarang belum ada partai yang melakukan konfirmasi pada hari pertama. Kami tunggu hingga pukul 16.00 WIB juga tidak ada (pendaftar, red.)," katanya.

Menurut dia, KPU Kota Semarang akan memberikan informasi terbaru setiap harinya mengenai parpol yang akan mendaftar sehingga masyarakat bisa mengetahui dan memantau bersama.

"Kami akan 'update' setiap hari. Apakah sudah ada partai politik yang memberikan informasi pendahuluan terlebih dahulu soal pendaftaran sehingga nantinya masyarakat bisa tahu dan dapat dipantau bersama," pungkasnya. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut