SEMARANG,iNewsMuria.id – Gangguan di emplasemen Stasiun Kedunggedeh, Bekasakibat anjloknya dua gerbong terakhir Kereta Api (KA) Purwojaya relasi Gambir – Kroya sudah tertangani, gerbong sudah bisa diangkat.
Dengan teratasinya gangguan tersebut, perjalanan kereta api di wilayah KAI Daop 4 Semarang, pada Senin (27/10/2025) kembali normal. Terlihat pada keberangkatan KA yang sesuai jadwal.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo dalam keterangannya, mengatakan sejak Minggu (26/10/2025), perjalanan KA dari Semarang dan sekitarnya berangsur pulih.
Kereta api seperti KA Argo Merbabu, Kamandaka, Banyubiru, Menoreh, Argo Sindoro, dan lainnya menurut Franoto Wibowo dapat diberangkatkan dengan tepat sesuai jadwalnya.
“Kami pastikan seluruh perjalanan KA di wilayah Daop 4 Semarang sudah berjalan normal dan tepat waktu. Tidak ada lagi KA yang mengalami keterlambatan imbas gangguan tersebut,” ujar Franoto.
Dijelaskannya, selama proses penanganan gangguan di emplasemen Stasiun Kedunggedeh, KAI Daop 4 Semarang tetap menjaga standar pelayanan kepada pelanggan agar kenyamanan tetap terjaga.
Berbagai langkah dilakukan KAI Daop 4 Semarang, antara lain dengan mengirimkan pesan WhatsApp (WA) blast kepada pelanggan terdampak untuk menyampaikan informasi terkini terkait perjalanan pelanggan.
“Melalui layanan ini, pelanggan dapat memantau perkembangan perjalanan secara langsung tanpa perlu datang ke stasiun,” papar Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo.
KAI juga memberikan service recovery kepada pelanggan sesuai ketentuan yang berlaku sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan atas gangguan di emplasemen Kedunggedeh, Bekasi.
KAI Daop 4 Semarang juga memberikan pelayanan pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen diluar bea pesan bagi pelanggan yang mengalami keterlambatan keberangkatan lebih dari satu jam dan memilih untuk tidak melanjutkan perjalanan.
Langkah-langkah ini menurut Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo merupakan bagian dari komitmen KAI dalam menjaga kenyamanan dan hak pelanggan selama proses normalisasi.
“KAI Daop 4 Semarang menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak, serta mengucapkan terima kasih atas kesabaran dan kepercayaannya untuk tetap menggunakan layanan KAI,” ujar Franoto.(*)
Editor : Arif F
Artikel Terkait
