Berkarya Tak Kenal Usia, Inilah 3 Kreator Konten TikTok Lintas Generasi

ADC
Platform media sosial TikTok kini menjadi sudah menjangkau semua kalangan dari berbagai usia.

JAKARTA, iNewsMuria - Platform media sosial TikTok kini menjadi sudah menjangkau semua kalangan dari berbagai usia. TikTok menjadi tempat bagi kreator konten segala usia untuk membuat karya. Tiga di antaranya yang cukup familiar adalah Captain Hanafi, Bu Ayen, dan Pak Win, ketiganya berasal dari generasi Baby Boomer, Gen-X, dan Millennial.

Dalam acara #SerunyadiTikTok: Kreator Lintas Generasi Bagi Pengalaman Berharga di TikTok pada Jumat (13/9/2024) di Jakarta, ketiga kreator ini berbagi tips membuat konten yang relevan di dunia TikTok.

1. Captain Hanafi (@hanafiherlim)
Captain Hanafi Herlim adalah mantan pilot dengan pengalaman lebih dari 40 tahun di dunia penerbangan. Pada April 2022, ia pensiun dengan pidato perpisahan yang direkam dan diunggah ke TikTok. Video ini viral dan mendapatkan lebih dari 20,6 juta tayangan.

Tidak menyangka akan respon publik di media sosial yang begitu antusias, Captain Hanafi kemudian memutuskan untuk terus berbagi konten edukasi di TikTok. Dia membuat konten tentang pengalaman dan edukasi seputar dunia penerbangan melalui TikTok. Captain Hanafi sendiri selalu melakukan riset terlebih dulu sebelum membuat konten.

"Sebelum bikin konten, saya buka dulu di Google. Misalnya, Tembok Cina itu dibuat tahun berapa, pada saat dinasti apa. Itu saya baca dulu, sehingga pada saat buat konten semuanya berjalan dengan lancar," ujarnya.

2. Ayen Boentoro (@ayenboentoro)
Meski berbekal gelar di bidang Ilmu Pangan dari Universitas RMIT, Australia, Ayen Boentoro tidak langsung membagikan konten kesehatan di TikTok. Motivasi itu baru muncul setelah ia terdorong untuk memperbaiki kesehatan pribadi dan keluarganya.

Kini, ia membagikan tips kesehatan kepada lebih dari 150 ribu pengikutnya di TikTok. Namun seperti kreator lainnya, Bu Ayen pun kadang mengalami kebuntuan saat membuat konten. Untuk membuka keran inspirasinya, ia melakukan hal ini.

"Cara ngatasinnya kalau saya ngambil waktu untuk belajar. Ngambil short course yang berhubungan dengan saya. Dari podcast juga. Atau dari pertanyaan-pertanyaan orang yang muncul di live. Jadi ilmu lah, basically ilmu harus dicari," kata Bu Ayen.

3. Tjokro Wimantara (@asahpolapikir)
Tjokro Wimantara (Pak Win) adalah kreator TikTok sekaligus CEO dan Founder dari GrowWin. Ia memulai perjalanannya di TikTok dengan berbagi konten edukasi seputar bisnis. Berkat pendekatannya yang unik, ia meraih "Best of Learning and Education" di TikTok Awards Indonesia 2020.

Selain fokus pada edukasi bisnis, Pak Win juga memberikan tips pembuatan konten yang inspiratif, dengan menekankan keunikan kreator dan interaksi dengan audiens.

"Saya mencari tipe konten yang sekarang itu dengan menganalisa data. Saya tembak banyak tipe konten, terus saya kerucutkan sampai yang paling oke. Nah, ketika sudah dapat, itu saya ulang-ulang terus. Mana yang paling bisa engage dalam edukasi dan impact-nya besar itu yang terpilih," terangnya.

Namun, untuk menghadirkan konten edukatif tersebut, Pak Win membutuhakn riset dan persiapan matang, bahkan bisa sampai 6 bulan.

"Dulu kita datanya nggak banyak, karena kreatornya belum banyak. Sekarang kreatornya banyak. Kita bisa cari nih yang jago siapa aja, terus kita petain. Terus mikirin cara apa yang bisa bikin edukasi dan orang nonton sampai habis. Karena itu kan rumusnya ya, kalau ditonton sampai habis berarti impactful," tandas Pak Win.

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network