Respons Ganjar soal PDIP Bakal Usung Anies di Pilkada Jakarta

ADC
Praktisi Hukum Franciscus Lamintang menyambut baik rencana Capres 03 Ganjar Pranowo untuk mengajukan hak angket atas dugaan kecurangan Pilpres 2024. Foto Dok iNews.id

Yogyakarta, iNewsMuria - Isu PDIP bakal mengusung Anies Baswedan untuk maju di Pilkada Jakarta berhembus kian kencang. Menanggapi hal itu, mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo buka suara.

Menurut Ganjar, semua musti dibicarakan terlebih dahulu.

“itu yang mesti diobrolkan. Mesti diobrolkan, dan mudah-mudahan ya bisa bernegosiasi. Tapi seandainya tidak cocok menurut saya juga tidak harus dipaksakan," kata Ganjar di Wedomartani, Ngemplak, Sleman, DIY, Senin (17/6/2024).

Ganjar menilai, wacana PDIP mengusung Anies di Pilgub Jakarta merupakan bentuk keterbukaan oleh partainya dalam berpolitik.

Namun, kata dia, semua perlu proses dan juga komitmen yang bisa memenuhi kriteria.

"Seandainya kita mendukung atau mengusung calon dari luar, apa kemudian kesepakatan yang bisa kita ambil? Nilai-nilai demokrasi lah, secara ideologis lah, bagaimana kita bersikap terhadap situasi yang sekarang makin tidak mudah?,” bebernya.

Hal itu dinilai perlu oleh Ganjar agar kemudian jika terpilih memimpin tidak berubah sikap.

"Agar kemudian politisi yang kita dukung nanti bisa konsisten, bisa melihat bagaimana sejarah di awal dan menyamakan persepsi serta sikap agar ketika merespons situasi itu tidak ke kiri dan ke kanan, lurus," sambungnya.

Dia turut memastikan bahwa siapa pun kandidatnya, tetap akan melalui tahap rekrutmen serta seleksi di PDIP. Termasuk Anies yang merupakan mantan pesaingnya di Pilpres 2024 lalu.

"Provinsi-provinsi besar gitu ada banyak yang berminat. Tentu pasti akan melalui proses. Satu, rekrutmen mereka mendaftar, nanti proses seleksi. Itulah proses-proses pertimbangan yang akan diambil dan sekarang masih berjalan, maka tinggal tunggu aja nanti," tandasnya.

Sebagai informasi, Anies Baswedan telah menyatakan akan kembali mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta usai mengantongi dukungan dari PKB. Sementara itu, PDIP turut memberi sinyal dukungan meski belum memastikan hingga saat ini.

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network