Pasca Pandemi, Tenaga Kerja Muda Harus Kreatif dan Gesit

Ade Achmad Ismail
Dialog Interaktif Tenaga Kerja dalam Negeri" yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) di Kota Jambi, Selasa (13/12/2022).

MURIA.iNews.id-Pandemi Covid-19 mengubah segalanya. Di antaranya cara bekerja, pola binis dan sekaligus kebutuhan atas tenaga kerja. Menghadapi dunia kerja pasca pandemi, dibutuhkan tenaga muda terampil, super kreatif, sekaligus gesit mengelola peluang.

Itu terungkap dalam "Dialog Interaktif Tenaga Kerja dalam Negeri" yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) di Kota Jambi, Selasa (13/12/2022).

Hadir dalam dialog itu Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Kemenaker Dr Nora Kartika Setyaningrum, Kadisnakertrans Jambi, Ketua Apindo Provinsi Jambi, dan Mohd. Indrawan Husairi dari Kemnaker RI sekaligus Bendahara PP Pagar Nusa periode 2017-2022, serta ratusan peserta dari beberapa kampus dan komunitas di Jambi.

Dr Nora Kartika Setyaningrum menegaskan, Kementerian Tenaga Kerja menyiapkan strategi-strategi khusus untuk tenaga kerja Indonesia, terutama pasca pandemi

Dia menyebut sembilan lompatan strategi, sebagai desain penting dari Kemenaker, yaitu :

(1) Transformasi Balai Latihan Kerja (BLK)

(2) Link and match ketenagakerjaan

(3) Pengembangan talenta muda

(4) Transformasi program perluasan kesempatan kerja

(5) Perluasan pasar kerja luar negeri

(6) Visi baru hubungan industrial

(7) Eeformasi pengawasan ketenagakerjaan

(8) Pengembangan ekosistem digital ketenagakerjaan

(9) Reformasi birokrasi

"Lompatan strategi ini, khususnya pada lompatan kedua, yaitu Link and Match Ketenagajerjaan sesuai acara ini diharapkan mampu memperkuat tenaga kerja muda Indonesia dan membuka peluang peningkatan produktifitas ekonomi serta resiliensi dari tenaga kerja muda," jelas Nora.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Bahari menyampaikan, tenaga kerja sekarang ini, pasca pandemi, harus menyesuaikan kondisi zaman. Sebab, pasca pandemi, tantangan dan peluang berbeda.

"Kita harus menyesuaikan, tenaga kerja, apalagi yang muda-muda, harus menyesuaiakan, siap dengan segala kondisi," ungkapnya.

Bahari menambahkan, kondisi Jambi saat ini relatif stabil, bermacam potensi bisa dikembangkan, ke depan. Jambi lengkap dalam hal opportunity.

Jambi punya wilayah perkebunan yang luas, sumber energi, juga ekonomi kreatif. Nah, anak-anak muda harus bisa menyesuaikan pasca pandemi.

"Kita harus bersiap, ada ancaman resesi dan pergolakan ekonomi, maka semuanya harus dipersiapkan," terangnya.

Mohd. Indrawan Husairi, pemuda asal Jambi yang juga praktisi bisnis, mengungkapkan sekarang ini anak muda memegang peran. Pandemi telah mengubah banyak hal.

Siapa yang punya ide bagus dan bisa mengeksekusi idenya, dia punya peluang menang. Dan kebanyakan yang berani berjuang untuk ide-ide kreatifnya, ya anak muda.

"Saya mendukung penuh generasi muda Jambi maju, dalam segala bidang: ekonomi, kreatifitas, pengetahuan, budaya, dan sebagainya," ungkap Indrawan.

Indrawan mendorong agar anak-anak  muda di Jambi tidak hanya menunggu peluang. "Pasca pandemi, jangan hanya menunggu. Kita harus ambil peluang, gunakan kreatifitas, kita ciptakan peluang," terang Indrawan yang terlahir dari keluarga besar Pondok Pesantren As'ad, salah satu pesantren tertua di Jambi.

"Saya mengapresiasi antusiasme teman-teman muda di Jambi, yang bersiap masuk ke pasar kerja dengan kreatifitas. Kolaborasi yang pas antara pemerintah, anak muda dan masyarakat, serta para pelaku usaha, akan menjadikan  Jambi semakin dinamis," jelas Indrawan.

Ke depan, Indrawan berharap program program pelatihan, dukungan Balai Latihan Kerja, serta program-program insentif untuk Tenaga Kerja Mandiri (TKM) mendorong pertumbuhan ekonomi dan kreatifitas bisnis di Jambi dan sekitarnya.

"Saya berkomitmen mendampingi generasi muda Jambi tumbuh dengan ide-ide kreatifnya, serta tersambung dengan sirkulasi bisnis, jadi bisa sustain, berkesinambungan"

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network