Rejowinangun Raih Predikat Desa Wisata Ramah Berkendara, Ini Alasannya

Vladimir Langgeng
Jelajah Desa Wisata Rejowinangun dan Festival Pasar Rakyat di Pasar Legi Kotagede, Yogyakarta, Sabtu (10/9/2022).

YOGYAKARTA, iNewsMuria.id - Rejowinangun dipilih sebagai salah satu "Desa Wisata Ramah Berkendara" di Kota Yogyakarta. Predikat tersebut diberikan oleh Adira Finance yang berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Penganugerahan "Desa Wisata Ramah Berkendara" diberikan di sela acara Jelajah Desa Wisata Rejowinangun dan Festival Pasar Rakyat di Pasar Legi Kotagede, Sabtu (10/9/2022). Kegiatan itu adalah bagian dari rangkaian Festival Kreatif Lokal 2022 di Kota Yogyakarta.

Dalam sambutanya, Lurah Rejowinangun, Handani Bagus Setiarso menyambut baik Festival Kreatif Lokal 2022 dan berterima kasih kepada Adira Finance sebagai mitra Kemenparekraf RI yang telah mendukung pengembangan Rejowinangun sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara.

"Semoga nantinya akan lebih banyak wisatawan yang mengetahui dan berkunjung ke Rejowinangun,” ungkap Handani di sela meresmikan landmark desa secara simbolis, Sabtu (10/9/2022).

Ditetapkannya Kelurahan Rejowinangun Kecamatan Kotagede Yogyakarta sebagai "Desa Wisata Ramah Berkendara", kata Swandajani Gunadi, Direktur Marketing Adira Finance, karena memenuhi kriteria pendukung.

Meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif; sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata; serta ekosistem pariwisata yaitu tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya.

“Kami melihat bahwa jarak tempuh untuk berwisata kini relatif lebih pendek, dimana masyarakat akan lebih mencari destinasi wisata yang tidak jauh dari domisili mereka dan dapat dengan mudah dikunjungi menggunakan mobil atau motor," kata Swandajani.

"Sehingga, pada program tahun ini kami bersama Kemenparekraf memilih lima desa wisata yang memenuhi kriteria sebagai desa ramah berkendara untuk wilayah Jawa dan Bali."

"Untuk itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf yang telah menjadikan desa wisata sebagai salah satu destinasi wisata baru pecinta otomotif,” tambah dia. 

Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini didukung berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah, dan Bank Danamon.

Sejalan dengan tujuan Zurich “Mewujudkan Masa Depan yang Lebih Baik Bersama-sama”, perusahaan asuransi itu telah mendukung kegiatan Festival Kreatif Lokal sejak tahun 2020.

“Kami senang dapat kembali berkolaborasi dan mendukung program ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia, Edhi Tjahja Negara.

"Melalui produk, kami menjamin pelanggan saat bepergian serta yang menjalankan UKM, saya yakin kami berada di posisi yang tepat untuk mendukung konsumen Indonesia. dan melindungi perjalanan mereka, keluarga mereka, dan karyawan mereka," kata Edhi.

Editor : Achmad Fakhrudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network