Logo Network
Network

Cerita Konglomerat Mencapai Kesuksesan, Butuh Perjuangan

Viola Trlamanda
.
Rabu, 08 Juni 2022 | 07:58 WIB
Cerita Konglomerat Mencapai Kesuksesan, Butuh Perjuangan
Cerita sukses Bob Sadino menampar semua orang yang takut menjadi pengusaha (foto: Ist)

KUDUS, iNewsMuria.id – Cerita sukses para konglomerat Indonesia tidak berasal dari keluarga kaya. Sebagian dari mereka justru berasal dari keluarga miskin dan hidup melarat. Mereka harus bekerja keras dan memulai usaha dari nol untuk mengubah nasib. Hasilnya, mereka sukses dan kaya raya. Keluarganya pun kini melanjutkan bisnisnya yang telah menggurita.  

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini konglomerat RI yang dulu pernah hidup melarat:

  1. Ciputra

Ciputra merupakan salah satu konglomerat yang sangat disegani di negeri ini. Dia dikenal sebagai pengusaha properti yang sukses.  Namun untuk mencapai kesuksesannya, pemilik nama asli Tjie Tjin Hoan ini harus berjuang keras. Pasalnya, saat dia masih kecil, sang ayah ditangkap tentara Jepang karena dituduh sebagai mata-mata Belanda.

Akibatnya, dia harus membantu ibunya berjualan kue untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun kesulitan ekonomi yang tak kunjung berakhir membuat sang ibu terpaksa menitipkannya kepada kakek dan neneknya.

Setelah menyelesaikan pendidikan SMA, Ciputra melanjutkan pendidikann ke Institut Teknologi Bandung. Sejak di tingkat 4, dia memulai kariernya sebagai arsitek. Bersama dengan seorang teman, Ciputra kemudian membangun kantor konsultan arsitektur di sebuah garasi di Bandung. Setamat kuliah, Ciputra bekerja di Jaya Group yang merupakan BUMD Pemprov DKI.

Kemudian bersama dengan Soedono Salim (Liem Soe Liong), Sudwikatmono, Budi Brasali dan Ibrahim Risjad, Ciputra mendirikan Metropolitan Group, yang membangun perumahan mewah Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai.

Dia kemudian merintis bisnis sendiri dengan membangun Ciputra Group, yang bergerak di bidang properti dan keuangan, yakni perbankan dan asuransi.  Ciputra meninggal dunia di usia 88 tahun pada 22 November 2019 di Singapura. Kini kerajaan bisnisnya dilanjutkan oleh anak-anaknya. 

  1. Sudono Salim

Follow Berita iNews Muria di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini