get app
inews
Aa Read Next : Dikabarkan Mundur, Dua Caleg PDIP Ditetapkan Sebagai Calon Terpilih Oleh KPU Grobogan

Cerita Konglomerat Mencapai Kesuksesan, Butuh Perjuangan

Rabu, 08 Juni 2022 | 07:58 WIB
header img
Cerita sukses Bob Sadino menampar semua orang yang takut menjadi pengusaha (foto: Ist)

Dia juga sempat mengalami kecelakaan mobil yang membuat usaha rental mobilnya bangkrut. Dia sempat mengalami kesulitan ekonomi dan menjadi kuli bangunan untuk memnuhi kebutuhan hidup.

Kendati demikian, dia tetap bekerja keras dan akhirnya merintis usaha lagi sebagai penjual telur ayam dari pintu ke pintu. Dimulai dari bisnis jualan telur tersebut, Bob Sadino mengembangkan peternakan ayam ras. Usaha tersebut terus berkembang hingga menjadi usaha perkebunan dan peternakan.

Berkat usahanya tersebut, dia bisa membangun sejumlah perusahaan, antara lain PT Boga Catur Rata, PT Kemang Food Industries atau Kemfood, dan PT Kemfarm Indonesia, serta Kemang Nusantara Travel atau Kem Travel. Dia juga mengembangkan usaha properti bekerja sama dengan Agung Sedayu Grup mendirikan The Mansion at Kemang. Bob Sadino telah meninggal pada 19 Januari 2015. Dia meninggal pada usia 75 tahun.

Meski para konglomerat ini telah meninggal dunia, namun kisah hidupnya menginspirasi banyak pengusaha di Indonesia sampai saat ini.

Editor : Ade Achmad Ismail

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut