get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan Tim Sepak Bola Surojenggolo, Tim Kembangan Juara 1 Pordes I Kuwu

Rencana Uji Coba Open Traffic Jembatan Getasrejo Grobogan Diundur, Ini Penjelasannya

Rabu, 31 Juli 2024 | 19:36 WIB
header img
Proses pengaspalan lantai Jembatan Getasrejo, Ruas Jalan Lingkar Utara Purwodadi, Grobogan sebagai tahapan rehabilitasi dilakukan, Rabu (31/7/2024). (Arif Fajar)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Proses pengaspalan lantai Jembatan Getasrejo Ruas Jalan Lingkar Utara Purwodadi, Grobogan sebagai bagian tahapan rehabilitasi dilaksanakan pada Rabu (31/7/2024).

Semula setelah selesai proses pengaspalan akan dilakukan uji coba open traffic Jembatan Getasrejo untuk semua kendaraan. Namun karena masih ada dua pekerjaan lagi, rencana tersebut ditunda.

“Semula target Kamis (1/8/2024) dilakukan open traffic, namun karena masih ada yang harus dikerjakan, maka open traffic ditargetkan pada Sabtu (3/8/2024),” jelas Plt Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Purwodadi DPU Bina Marga dan Ciptakarya Jawa Tengah, Umar Rabu (31/7/2024).

Mengenai dua pekerjaan yang masih harus diselesaikan sebelum dilakukan open traffic Jembatan Getasrejo, menurut Umar, adalah expansion joint dan elastomer atau bantalan jembatan.

Expansion joint sangat beperan penting untuk struktur jembatan terutama pada super struktur atau struktur bagian atas jembatan. Karena bekerja dengan mengikuti gerakan jembatan secara horizontal.

Ketika dilintasi oleh kendaraan atau ketika munculnya beban muai dan susut. Expansion joint ini lanjutnya, juga dapat memberikan ruang gerak pada elastomer jembatan.

"Expansion joint pengerjaannya satu hari selesai dan akan dikerjakan Kamis 1 Agustus 2024,” tutur Umar kepada wartawan.

Sedangkan elastomer jembatan sambungnya, diperlukan untuk menyalurkan reaksi girder atau balok penopang jembatan tanpa memberi tekanan berlebihan pada struktur sehingga jembatan dapat berfungsi sebagaimana mestinya

“Untuk pemasangan elastomer jembatan atau bantalan jembatan dipasang selama dua hari, yakni Kamis hingga Jumat (1-2 Agustus 2024),” terang Umar.

Posisi bantalan karet elastomer ada di bawah plat penyangga pojok kanan kiri diatas abutment  jembatan, sehingga menurut Umar, pemasangannya harus mendongkrak rangka jembatan

"Target awal open traffic pada 1 Agustus 2024 belum bisa dilaksanakan, akan jita usahakan hari Sabtu paling lama. Mohon maaf untuk pengguna jalan, karena kondisi di lapangan,” tambah Umar.

Jembatan Getasrejo merupakan jembatan alih status dari kabupaten ke provinsi dan dibangun pada tahun 1996. Sedang usia baja normal sesuai kontruksi 50 tahun atau masih setengah dari usia normal baja jembatan.

Rehabilitasi jembatan Getasrejo ruas Jalan Lingkar Utara Kabupaten Grobogan dibiayai APBD Provinsi Jawa Tengah 2024 dengan anggaran Rp 1.931.188.000. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut