get app
inews
Aa Read Next : Amin Rois Terpilih Sebagai Koordinator Presidium MD KAHMI Grobogan Periode 2024-2028

Pengerjaan Jembatan Getasrejo Dikebut, Diperkirakan Agustus 2024 Sudah Open Traffic

Kamis, 20 Juni 2024 | 18:23 WIB
header img
Kepala Balai Pengelola Jalan Wilayah Purwodadi Binawan menjelaskan progres penggantian lantai jembatan Getasrejo, jalan lingkar utara Purwodadi, Grobogan, Kamis (20/6/2024). (Arif Fajar)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Pembongkaran lantai jembatan Getasrejo yang berada di jalan lingkar utara Purwodadi, Kabupaten Purwodadi hingga Kamis (20/6/2024) terus dikebut oleh pelaksana.

Bahkan saat ditinjau Kepala Balai Pengelola Jalan (BPJ) Wilayah Purwodadi Binawan Nur Tjahyono dan jajarannya bersama perwakilan Bina Marga Provinsi Jateng, pembongkaran lantai jembatan hampir selesai.

"Kami berharap masyarakat bisa bersabar terkait penggantian jembatan Getasrejo. Karena kegiatan ini tentu mengganggu aktivitas pengguna jalan," jelas Binawan di lokasi kegiatan.

Menurut Binawan didampingi Subkoordinator Wilayah II BPJ Wilayah Purwodadi Umar, BPJ tahun 2024 mendapat satu paket rehab jembatan. Yakni jembatan Getasrejo dengan panjang kurang lebih 61 meter.

Sesuai kontrak kerja, lanjut Binawan, penggantian lantai jembatan Getasrejo dilaksanakan selama 120 hari kalender. Adapun pelaksana kegiatan adalah CV Pilar Nusa.

"Kendati demikian untuk pekerjaan penggantian lantai jembatan Getarsejo kita kebut 60 hari sehingga diharapkan Agustus sudah bisa open traffic atau sudah bisa dilalui," kata Binawan.

Sedangkan untuk pengerjaan lainnya, seperti pengecatan rangka jembatan akan dilaksanakan sambil berjalan hingga selesai pada September 2024.

Agar proses pekerjaan penggantian lantai jembatan Getasrejo berjalan dengan baik, maka jalan ditutup sepenuhnya. Sehingga lanjut Binawan, tidak ada yang boleh memasuki area jembatan.

"Jadi kita tutup full, sehingga tidak ada yang boleh melintas atau memasuki area jembatan selain pekerja. Hal ini demi keselamatan bersama," kata Binawan.


Pengecekan progres penggantian lantai jembatan Getasrejo, Grobogan oleh Balai Pengelola Jalan Wilayah Purwodadi, Kamis (20/6/2024). (Arif Fajar)

 

Sehingga setelah proses pembongkaran lantai jembatan selesai, sambung Binawan, dilanjutkan pemasangan bondek jembatan dan diatasnya dipasang tulangan terus dicor.

Umur beton diperkirakan sekira 21-28 hari, setelah itu baru dilapisi aspal asbuton yang merupakan produk dalam negeri. Jika sudah selesai semua, tambah Binawan, baru bisa dilalui

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terutama Sat Lantas Polres Grobogan yang melakukan rekayasa arus lalu lintas sehingga tidak terjadi kemacetan-kemacetan," tambah Binawan.

Dikatakan Kepala BPJ Wilayah Purwodadi, Binawan, untuk kondisi jembatan masih bagus, karena jembatan yang alih status pengelolaannya dari kabupaten ke provinsi dibangun pada 1996.

"Sesuai konstruksinya, maka umur jembatan bisa sampai 50 tahun, sedangkan saat ini baru 28 tahun sejak dibangun 1996," ujar Binawan.

Untuk diketahui sesuai papan yang dipasang DPU Bina Marga dan Cipta Karya Balai Pengelola Jalan Wilayah Purwodadi, Pemprov Jateng tertulis pekerjaan selama 120 Hari Kalender.

Adapaun biaya untuk pekerjaan rehabilitasi jembatan Getasrejo, Ruas Lingkar Utara Purwoadi sebesar Rp1.931.188.000 dengan sumber dana dari APBD Provinsi Jawa Tengah 2024. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut