get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan Tim Sepak Bola Surojenggolo, Tim Kembangan Juara 1 Pordes I Kuwu

Mobil Pribadi dan Motor Sudah Melintasi Jembatan Getasrejo, Kendaraan Berat Mohon Bersabar

Jum'at, 02 Agustus 2024 | 18:55 WIB
header img
Sepeda motor melintasi Jembatan Getasrejo Ruas Lingkar Utara Purwodadi, Grobogan sebelum open traffic, Jumat (2/8/2024). (Arif Fajar)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Open Traffic Jembatan Getasrejo Ruas Jalan Lingkar Utara Purwodadi, Kabupaten Grobogan untuk semua kendaraan menurut rencana baru akan dilaksanakan pada Sabtu (3/8/2024).

Karena pada Jumat (2/8/2024), pelaksana proyek rehabilitasi Jembatan Getasrejo melakukan dua pekerjaan yakni expansion joint dan elastomer atau bantalan jembatan sebelum open traffic.

Kendati pelaksanaan open traffic untuk semua kendaraan baru dilakukan pada Sabtu, namun saat proses pengerjaan expansion joint dan elastomer, mobil pribadi dan sepeda motor sudah bisa lewat.

Pantauan di lokasi rehabilitasi Jembatan Getasrejo Ruas Jalan Lingkar Utara Purwodadi, Grobogan, sejumlah pekerja menyelesaikan pengecatan sisi badan jembatan.

Menurut Pelaksana Penyedia Jasa Darmawan, progres dari pengerjaan rehabilitasi Jembatasn Getasrejo Ruas Jalan Lingkar Utara Purwodadi, Grobogan hampir selesai.

Untuk open traffic semua kendaraan dilaksanakan pada Sabtu (3/8/2024). Karena untuk hari itu (Jumat) lanjut Darmawan, tidak memungkinkan karena masih ada dua pekerjaan.

Adapun dua pekerjaan tersebut sambung Darmawan, adalah pengerjaan expansion joint, Untuk pemasangan elastomer atau bantalan jembatan harus dilakukan pendongrakan terlebih dahulu.

“Dua pekerjaan tersebut selesai hari ini kendati harus sampai malam. Untuk motor dan mobil pribadi bisa lewat, namun untuk kendaraan besar sebaiknya menunggu pas open traffic,” kata Darmawan di lokasi proyek.

Sebelumnya Plt Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Purwodadi DPU Bina Marga dan Ciptakarya Jawa Tengah, Umar mengatakan pada awalnya target open traffic pada Kamis 1 Agustus 2024.

Namun lanjut Umar, karena masih ada dua pekerjaan yang masih harus diselesaikan sebelum dilakukan open traffic Jembatan Getasrejo, yakni expansion joint dan elastomer atau bantalan jembatan.

Expansion joint sangat beperan penting untuk struktur jembatan terutama pada super struktur atau struktur bagian atas jembatan. Karena bekerja dengan mengikuti gerakan jembatan secara horizontal.

Ketika dilintasi oleh kendaraan atau ketika munculnya beban muai dan susut. Expansion joint ini lanjutnya, juga dapat memberikan ruang gerak pada elastomer jembatan.

Sedangkan elastomer jembatan sambungnya, diperlukan untuk menyalurkan reaksi girder atau balok penopang jembatan tanpa memberi tekanan berlebihan pada struktur sehingga jembatan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut