get app
inews
Aa Read Next : Perda Disahkan DPRD Grobogan, Purwa Aksara Bisa Kelola Hulu Minyak dan Hilir Gas Bumi

Wow, Penyertaan Modal Pemkab Grobogan Untuk BUMD Nilainya Mencapai Rp17 Miliar

Selasa, 04 Juli 2023 | 16:48 WIB
header img
Bupati Grobogan Sri Sumarni menyampaikan Raperda penyertaan modal dari Pemkab Grobogan untuk lima BUMD senilai Rp17,4 miliar, di DPRD Grobogan, Selasa (4/7/2023). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Pemerintah Kabupaten Grobogan melakukan penyertaan modal untuk lima Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD, nilainya mencapai Rp17,4 miliar. Terbanyak untuk PT BPD Jawa Tengah.

Terkait penyertaan modal untuk lima BUMD tersebut disampaikan Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam rapat paripurna DPRD tentang penjelasan Bupati atas Raperda tentang Penyertaan Modal Pemkab Grobogan kepada BUMD Tahun 2024, Selasa (4/7/2023).

Menurut Bupati, sesuai Pasal 78 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, penyertaan modal Pemerintah Daerah dapat dilaksanakan apabila jumlah yang akan disertakan telah ditetapkan dalam Perda.

"Mendasarkan PP tersebut, saya mengajukan Raperda tentang Penyertaan Modal Pemkab Grobogan kepada BUMD Tahun 2024, untuk dilakukan pembahasan dan penyempurnaan sesuai dengan ketentuan yang belaku hingga ditetapkan menjadi Perda," jelas Bupati.

Adapun tujuan dilaksanakannya penyertaan modal tersebut, lanjut Bupati Sri, adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, penguatan Badan Usaha Milik Daerah, meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah, dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Penyertaan modal kepada PT. BPD Jateng sebesar Rp10 miliar, menurut Bupati, akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan perbankan dan peningkatan ekspansi kredit kepada sektor produktif serta usaha menengah, kecil dan mikro atau UMKM.

Kemudian penyertaan modal untuk PT. Penjaminan Kredit Daerah Provinsi Jateng sebesar Rp1 miliar. Penyertaan modal itu, tambah Bupati Sri, akan digunakan untuk memperkuat kapasitas penjaminan dan memperluas cakupan wilayah kegiatan usaha.

Ketiga, sambung Bupati, adalah penyertaan modal kepada PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan sebesar Rp3,9 miliar. Nantinya untuk pengadaan mobil tangki air, penggantian water meter, pembangunan sumur air dalam, dan pengadaan genset intake Sidorejo.

Penyertaan modal keempat untuk Perseroda BPR Bank Purwa Artha sebesar Rp1,5 miliar. Modal tersebut, lanjut Bupati, untuk peningkatan pelayanan perbankan dan peningkatan ekspansi kredit kepada sektor produktif serta UMKM.

"Penyertaan modal selanjutnya, kepada Perusda Purwa Aksara sebesar Rp1 miliar yang akan dipergunakan untuk peningkatan kapasitas produksi pada unit perdagangan dan unit percetakan," kata Bupati. (*)
 

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut