Logo Network
Network

Tak Mau Kalah Sama Perempuan, Ternyata Bupati Juliyatmono Lihai Nguleg Sambel

Langgeng Widodo
.
Sabtu, 03 Desember 2022 | 12:43 WIB
Tak Mau Kalah Sama Perempuan, Ternyata Bupati Juliyatmono Lihai Nguleg Sambel
Bupati Juliyatmono dan para kepala OPD serta pimpinan DPRD Karanganyar tengah nguleg sambel dalam acara "Nguleg Bareng Sambel Bawang Nusantara" yang digelar di Hotel Permatasari, Gaum Tasikmadu, Karanganyar, Jumat (2/12/2022).

MURIA.iNews.id-Bupati Karanganyar Juliyatmono menjadi salah satu peserta dalam acara "Nguleg Bareng Sambel Bawang Nusantara" yang digelar di Hotel Permatasari, Gaum Tasikmadu, Karanganyar, Jumat (2/12/2022).

Di situ, Bupati Juliyatmono tampak lihai nguleg sambel bawang bersama Kepala Dinas Pertanian Karanganyar Siti Maisyaroch, para kepala OPD, pimpinan DPRD, dan sekitar 700 peserta dari berbagai wilayah yang ikut memeriahkan acara nguleg bareng tersebut.

Usai sambel bawang itu diuleg atau dilembutkan, tentu ditambah uba rampe lainnya seperti cabai, garang, gula (ada yang ditambah penyedap rasa), kemudian dicicipi dan dibawa pulang, berikut cobek dan uleg-uleg mereka.

Dalam acara nguleg bareng itu, pihak panitia menyediakan grandprize beruapa satu ekor lembu dan sejumlah doorprize dari Kementerian Pertanian.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Karanganyar Siti Maisyaroch, acara nguleg sambel di Karanganyar adalah bagian dari acara "Nguleg Bareng Sambel Bawang Nusantara" yang digelar Kementerian Pertanian dalam rangka pencatatan rekor MURI.

Tujuannya, untuk mendorong masyarakat mengkonsumsi bawang putih lokal. "Di Karanganyar terdapat bawang putih lokal dengan varietas unggul, Tawangmangu Baru, Lumbu Hijau, dan Lumbu Putih," kata Siti Maisyaroch.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengapresiasi acara nguleg bareng sambel bawang tersebut. Pihaknya berharap, kegiatan tersebut mampu mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi bawang putih lokal.

"Karanganyar adalah salah satu dari 20 kabupaten/kota paling layak di Indonesia penghasil bawang putih," kata Juliyatmono.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini