get app
inews
Aa Read Next : 213 Guru Datangi DPRD Grobogan, Ternyata Ini Yang Ingin Mereka Sampaikan

Kisah Jenderal Soedirman Menjadi Guru, Mengajar dengan Metode Cerita Wayang

Senin, 28 Februari 2022 | 13:52 WIB
header img
Jenderal Soedirman

InewsMuria.id – Kelahiran Soedriman yang kelak menjadi pahlawan nasional dan memiliki nama harum sebagai seorang jenderal yang sangat disegani dalam dunia militer di tanah air.

Jenderal Soedirman dilahirkan dari pasangan Tjokrosoenarjo dan Toeridowati, meskipun dalam beberapa pendapat mengatakan bahwa di sebagian besar buku sejarah tertulis Jenderal Soedirman merupakan putra dari Kartawiraji dan ibunya bernama Siyem.

Namun dalam risalah yang jelas, bersumber dari anaknya yakni Teguh Bambang Tjahjadi mengungkapkan di buku Soedirman: Riwayat Hidup, Perjuangan dan Kisah Cinta Sang Jenderal (2017) ditandaskan bahwa Jenderal Soedirman adalah putra kandung dari Tjokrosoenarjo dan Toeridowati.

Soedirman kecil sendiri dilahirkan di Rembang, Bodas Karangjati, Purbalingga pada Minggu Pon, 24 Januari 1916.

Masa kecil Soedriman telah menempa pendidikan yang baik, oleh ayahnya Tjokrosoenarjo, Soedirman dibekali dengan etika dan tata krama priyayi serta etos kerja dan kesederhanaan wong cilik Selain itu Soedirman menempuh pendidikan di sekolah formal Hollandsch Inlandsche School (HIS).

Kemudian, usai belajar di HIS iapun melanjutkan pendidikannya di Taman Siswa selama satu tahun. Ia di Taman Siswa hanya setahun karena Taman Siswa ditutupoleh Ordonasi Sekolah Pembohong karena Taman Siswa tidak terdaftar. demikian, Soedirman pun pindah ke Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) Parama Wirotomo.

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut