get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Suro, Warga Segorogung Gabus Gelar Selamatan di Makam Raja Brawijaya

Menjelaskan Apa Itu Tradisi Kejawen?

Sabtu, 26 Februari 2022 | 10:43 WIB
header img
ilustrasi Jawa.

JAKARTA, iNews.id - Apa itu tradisi kejawen? Kejawen adalah suatu pandangan atau pedoman hidup yang dianut oleh sebagian orang terutama suku Jawa dan suku lain yang tinggal di pulau Jawa. Dalam konteks lika-liku-laku.

Kejawen berasalkan dari pemahaman dan filsafat sepanjang peradaban orang Jawa. Sifat kepercayaan ini universal dan dapat berdampingan baik dengan agama-agama lainnya yang dianut di zamannya. Masih banyak hal yang perlu kita ketahui tentang Kejawen sebagai suatu pedoman.

Artikel ini berusaha menjawab, apa itu tradisi Kejawen secara tuntas dan komoleks. Berikut penjelasan tentang teori konspirasi.

Kata kejawen diambil dari kata “Jawa” yang memiliki arti “segala sesuatu yang berhubungan dengan adat dan kepercayaan jawa (Kejawen). Secara terminologi umum kejawen diartikan sebagai filsafat yang memiliki ajaran tertentu terutama dalam membangun tata krama.

Pendapat universal soal kejawen mencakup seni, budaya, ritual, sikap, tradisi dan filosofi orang-orang Jawa. Selain itu, kejawen juga diartikan sebagai jalan spiritualitas oleh suku Jawa.

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut