get app
inews
Aa Read Next : Undang Puluhan Supeltas untuk Buka Bersama, Ternyata Ini yang Diharapkan Hotel Adhiwangsa Solo

9 Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh, Apa itu Puasa Ayyamul Bidh?

Kamis, 17 Februari 2022 | 15:35 WIB
header img
Doa buka Puasa Ayyamul Bidh dan Puasa Senin Kamis. (Foto: Shutterstock)

Dalil disunnahkannya puasa Ayyamul Bidh ini tertuang dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan Imam At Tirmidzi dan Imam Nasai, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

 يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

“Hai Abu Dzar, “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR Tirmidzi dan an Nasai).

Menjalankan puasa karena ketaatan kepada Allah dan mengharap ridha-Nya akan membuat ibadah yang dijalankan terasa nikmat dan indah. Allah SWT pun memberikan fadhilah atau keistimewaan bagi hamba-Nya yang berpuasa termasuk menjalankan puasa sunnah Ayyamul Bidh. 

Berikut 10 keistimewaan puasa Ayyamul Bidh lengkap dengan hadits:

  1. Seperti Puasa Sepanjang Tahun Menjalankan ibadah puasa sunnah Ayyamul Bidh seperti berpuasa selama setahun. صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari).

  1. Tiket Surga Ar Rayan Ahli puasa akan mendapatkan pintu khusus untuk masuk surga saat di akhirat nanti. Ahli puasa akan masuk melalui pintu Ar-Rayyan, termasuk orang yang melakukan puasa Ayyamul Bidh.

 إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan : Manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi. (HR Bukhori dan Muslim).

Editor : Ade Achmad Ismail

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut