get app
inews
Aa
Read Next : Alhamdulillah, Masjid Darul Muttaqin Sambak Purwodadi Santuni Anak Yatim Piatu dan Duafa

Sunnah-sunah Puasa yang Diajarkan oleh Rasulalloh Kepada Umatnya

Senin, 21 Februari 2022 | 12:28 WIB
header img
Puasa Ayyamul Bidh 13-15 Safar 1443 Hijiah bertepatan dengan 20, 21, 22 September 2021. (Foto: Freepik)

KUDUS, iNewsMuria – Bulan penuh kemuliyaan bulan Ramadhan 1443H/2022M tinggal menunggu beberapa pekan lagi. Patutnya, sebagai muslim, kita harus mampu lebih mempersiapkan diri untuk menjalani puasa Ramadhan dan memperbanyak amal salih di dalamnya. Selain itu, mempersiapkan diri menyambut bulan yang suci juga bisa dibisakan dengan hal-hal kecil. Contohnya dengan melakukan sunah-sunah ketika menjalankan keseharian seperti yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Puasa yang identik dengan menunggu kumandang azan Magrib, dapat melakukan kesunahan-kesunahan seraya menunggu waktu buka puasa. Begitu juga yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memberikan sunah-sunah kepada para umatnya ketika hendak berbuka puasa. Berikut lima di antaranya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

  1. Menyegerakan berbuka puasa

Salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Sahl bin Sa’ad, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Orang akan selalu baik (sehat) jika ia menyegerakan berbuka." (HR Bukhari Nomor 1957 dan Muslim 1098)

Selain itu, menyegerakan berbuka puasa ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagaimana diungkapkan Dr dr Johanes Casay Candrawinata MND SpGK, spesialis gizi dari Melinda Hospital Bandung, bahwa menunda buka puasa akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan bagi tubuh.

  1. Membaca doa berbuka puasa

Selanjutnya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menganjurkan membaca doa berbuka puasa. Berikut ini hadis yang menjelaskan tentang keutamaan doa berbuka puasa:

Ada doa sesuai sunah yang dapat dibaca sebelum membatalkan puasa. Dikutip dari buku 'Tuntunan Puasa Menurut Alquran dan Sunah' karya Alik al Adhim (2019:2), berikut ini doa tersebut:

Pertama membaca Bismillah yang artinya 'Dengan menyebut nama Allah'. Dilanjutkan doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu berkata:

Editor : Ade Achmad Ismail

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut