get app
inews
Aa Read Next : Alhamdulillah, Masjid Darul Muttaqin Sambak Purwodadi Santuni Anak Yatim Piatu dan Duafa

Sunnah-sunah Puasa yang Diajarkan oleh Rasulalloh Kepada Umatnya

Senin, 21 Februari 2022 | 12:28 WIB
header img
Puasa Ayyamul Bidh 13-15 Safar 1443 Hijiah bertepatan dengan 20, 21, 22 September 2021. (Foto: Freepik)

"Biasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)." (HR Abu Daud Nomor 2357, An Nasa'i Nomor 3315, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Dawud)

  1. Memperbanyak doa di waktu berbuka puasa

Waktu menjelang berbuka puasa merupakan salah satu waktu terbaik untuk memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak. Pertama, pemimpin yang adil; kedua, orang yang berpuasa ketika dia berbuka; dan ketiga, doa orang yang terzalimi." (HR Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

  1. Tidak berlebihan ketika berbuka puasa

Segala hal yang berlebihan tidaklah baik. Di dalam Alquran juga sudah diterangkan dalil mengenai larangan makan terlalu kenyang, yakni dalam Surat Al A’raf Ayat 31, "Makan dan minumlah, tetapi janganlah berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan."

  1. Memberi makan orang yang berbuka puasa

Seperti sudah dijanjikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, bersedekah di bulan suci Ramadhan merupakan salah satu amalan utama yang dianjurkan. Terlebih lagi jika sedekah itu diberikan kepada orang yang sedang berpuasa.

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam: "Barang siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." (HR Tirmidzi Nomor 807, Ibnu Majah 1746, dan Ahmad 5/192, hasan shahih)

Wallahu a'lam bishawab.

Editor : Ade Achmad Ismail

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut