get app
inews
Aa Read Next : Minim Prasarana, Tol Fungsional Solo - Jogja Hanya Dibuka pada Jam Ini

KPPS Kalurahan Mugassari Fasilitasi Tahanan di Rutan Polda Jateng untuk Gunakan Hak Pilihnya:

Rabu, 14 Februari 2024 | 20:13 WIB
header img
Para tahanan rutan Polda Jateng antri untuk memberikan suara dalam Pemilu 2024 (Foto: Humas Polda Jateng)

SEMARANG, iNewsMuria.id - |Polda Jawa tengah menjamin para tahanan yang ada di rutan untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Bersamaan dengan pelaksanaan pemilu 14 Februari 2024, sebanyak 71 tahanan menyalurkan hak suaranya di TPS yang telah disiapkan oleh  KPPS wilayah Kalurahan Mugassari.di Aula Rutan Polda Jateng.

Di Lokasi tampak Dir Tahti Polda Jateng AKBP. Benny Setyowadi, Wadir  Tahti Polda Jateng, Kompol. Muh Khoirul Naim,  PJU Dit Tahti beserta Kpu, Bawaslu, para petugas KPPS,  Saksi serta Linmas dari masing2 TPS.

"Seluruh warga negara Indonesia, termasuk tahanan yang berada di Rutan Polda Jateng diberikan hak nya untuk mencoblos (memberikan suara) pada hari pemungutan suara tanggal 14 Februari,"kata Dir tahti Benny Setyowadi, .

Dia menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyediakan TPS di Rutan Polda Jateng. TPS itu akan melayani tahanan untuk menyalurkan hak pilihnya.

"Pihak KPU dalam hal ini KPPS wilayah Kalurahan Mugassari datang sebanyak 6 TPS antara lain TPS 11, TPS 16, TPS 17, TPS 18, TP 19 dan TPS 20," lanjutnya. 

"Saat ini Rutan Polda Jateng jumlah tahanan yang memiliki hak pilih ada 71  orang dari total 88 orang Tahanan, dan surat suara untuk 71 orang tersebut di ambilkan dari sisa surat suara ke  6 TPS yang hari ini datang" jelasnya.

Dir Tahti juga menyatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi soal tata cara pencoblosan beberapa waktu lalu bersama KPU.

"Mekanisme pemungutan suara  sudah disosialisasikan sebelumnya bersama KPU, PPK dan PPS, hari ini untuk petugas  pelaksana yang datang dari TPS Wilayah Kalurahan Mugassari," ungkap  AKBP. Benny Setyowadi 

Sementara itu, HST (inisial) salah seorang tahanan tindak Pidana Narkotika asal Wonosobo memberikan apresiasi karena di berikan hak nya untuk memberikan suara.

"Saya tidak menduga di layani dengan baik seperti ini, Saya mengucapkan terima kasih kepada Polda Jateng, karena  di berikan kesempatan untuk ikut mencoblos (memberikan suara) sehingga hak saya tidak hilang " tandasnya. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut