get app
inews
Aa Read Next : Atlet Karate Grobogan Targetkan 6 Medali Emas pada Ajang Popda 2024

Upaya Mengatasi Stunting, Jokowi Sebut Sudah 10.000 Puskesmas di Tanah Air Miliki USG

Selasa, 23 Januari 2024 | 12:08 WIB
header img
Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan setelah meninjau pelayanan USG untuk kehamilan ibu di Puskesmas Toroh 1, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024). (Arif Fajar)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut saat ini sudah ada 10.000 Puskesmas di Tanah Air yang memiliki peralatan dan layanan USG sebagai upaya mengatasi stunting.

"Diharapkan nanti semua Puskesmas di Tanah Air memiliki USG, sehingga kehamilan ibu dan bayi bisa dideteksi lebih dini," jelas Presiden Jokowi saat meninjau pelayanan USG  di Puskesmas Toroh 1, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Menurut Presiden Jokowi didampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin, pelayanan USG kehamilan ibu dan bayi tersebut semua datanya nanti langsung masuk ke pusat (Kemenkes RI) di Jakarta.

"Ini penting sekali dalam pengatasan stunting. Selain bantuan USG, juga pemberikan timbangan bayi untuk ke posyandu-posyandu. Sudah ada 300.000 timbangan yang kita berikan," kata Presiden Jokowi.

Yang sebelumnya belum ada (timbangan) lanjut Presiden Jokowi, semua diberi timbangan. Sehingga posyandu bisa mengecek berat bayi dan balita, semuanya bisa dicek.

"Saya kira penanganan (stunting) sejak dini akan kita terus perbaiki," tambah Presiden Jokowi.


Presiden Jokowi berdialog dengan sejumlah ibu hamil di depan Ruang USG Puksesmas Toroh 1, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Selasa (23/1/2024). (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

 

Ikut mendamping Presiden Jokowi selain Menkes, ada Ibu Iriana Jokowi, Menteri PMK Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Bupati Grobogan Sri Sumarni.

Hadir pula Wabup Grobogan Bambang Pudjianto, Kepala Kejari Grobogan Iqbal, Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto, Kepala Dinkes Slamet Widodo, dan disambut Kepala Puskesmas Toroh 1 Iwan Satrianto.

Menurut Kepala Puskesmas Toroh 1 Iwan Satrianto, kunjungan Presiden Jokowi dalam rangka meninjau fasilitas kesehatan berupa alat USG yang merupakan bantuan Kementerian Kesehatan dan alat Antropometri.

"Peralatan USG tersebut bisa di-link ke WA ibu hamil itu sendiri, dan laporannya by data langsung terkirim ke Kementerian Kesehatan," kata Iwan Satrianto

Menurut Iwan pelayanan USG untuk ibu hamil di Puskesmas Toroh 1 dilaksanakan dua kali dalam sepekan, yakni pada hari Selasa dan Kamis.

"Untuk layanan USG di Puskesmas Toroh 1, melayani BPJS dan juga umum. Untuk BPJS gratis, sedang umum biaya sesuai yang ditentukan Perda," tambah Iwan. 

Setelah mengunjungi Puskesmas Toroh 1, Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan kegiatan di Stadion Krida Bhakti Purwodadi untuk membagikan sertifikat tanah Program PTSL.

Kemudian dilanjutkan ke GOR Bung Karno Purwodadi menyerahkan Bantuan Stimulus Puso kepada para petani yang gagal panen. Setelah itu Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerja ke Kabupaten Blora. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut