get app
inews
Aa Read Next : Ini Kata Politisi PDIP Soal Jokowi Sebut Presiden Boleh Kampanye dan Memihak

Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina, Presiden Jokowi : Kanggo Nguri-uri Budaya Jawa

Senin, 12 Desember 2022 | 07:26 WIB
header img
Kirab ngunduh mantu Kaesang dan Erina di Solo, Minggu (11/12/2022).(Istimewa)

MURIA.iNews.id-Prosesi kirab ngunduh mantu Presiden Jokowi atas pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Kota Solo, Minggu (11/12/2022) berlangsung meriah.

Ribuan warga Solo dan sekitar menyaksikan kirab pasangan temanten yang sangat meriah, yang mengambil start rumah dinas wali kota, Loji Gandrung itu hingga finish di Pura Mangkunegaran, tempat dilangsungkannya resepsi.

Sejumlah pejabat publik, menteri, selebriti, tokoh masyarakat, dan lainnya, terlibat kirab. "Banyaknya masyarakat yang nonton kirab membuktikan bahwa Pak Jokowi benar-benar dicintai rakyat," kata Raffi Ahmad ketika dicegat wartawan.

Terpisah, Presiden Joko Widodo mengatakan, prosesi ngunduh mantu putra bungsunya Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Loji Gandrung Solo merupakan bagian dari "nguri-uri" atau memelihara warisan budaya Jawa.

"Budaya adalah warisan para leluhur. Mengenalkan budaya kita adalah kewajiban. Mencintai budaya adalah kewajiban kita bersama," kata Presiden Jokowi.

Mengenalkan dan mencintai kebudayaan merupakan kewajiban. Kecintaan pada budaya harus ditunjukkan agar identitas budaya muncul kembali. "Agar karakter kita, karakter budaya kita bisa semakin kita cintai," katanya.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut