get app
inews
Aa Read Next : Syukuran Kemenangan, Relawan Prabowo-Gibran Adakan Buka Bersama Ajak Wartawan Solo

Pastikan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, Polres Grobogan Gelar Apel Pasukan

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 08:49 WIB
header img
Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan memeriksa kesiapan personel pengamanan Pemilu 2024 dalam apel pasukan di Setda Grobogan. (Arif F)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Pastikan personel dan sarana maupun prasarana pengamanan Pemilu 2024 siap, Polres Grobogan melaksanakan apel gelar pasukan Mantan Brata Candi 2023-2024 di halaman Setda Grobogan.

Apel yang dipimpin Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan diikuti anggota Kodim 0717 Grobogan, Polres Grobogan, Satpol PP, Dishub, Damkar, BPBD, Linmas, ORARI dan RAPI, Kamis (19/10/2023) sore.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pemeriksaan pasukan juga sarana pengamanan Pemilu 2024. Seperti kendaraan patroli, anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa dengan sepeda motor yang digunakan untuk operasional.

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan dalam apel pasukan tersebut membacakan sambutan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, bahwa Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang dilaksanakan di tahun yang sama.

“Sehingga bisa menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa menuju Indonesia Emas 2045,” kata Kapolri dalam amanat yang dibacakan Kapolres Grobogan.


Perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024 di Grobogan deklarasi damai. (Arif F)

 

Untuk itu, lanjut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya, guna mengamankan Pemilu 2024, Polri didukung TNI dan instansi terkait serta mitra kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Brata tahun 2023-2024 di seluruh jajaran.

Operasi Mantap Brata dan di jajaran Polda Jateng menjadi Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024 ini, akan dilaksanakan selama 222 hari mulai 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 dan diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia.

Suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 yang tahapannya sudah dimulai sejak 2023, menurutnya, tidak hanya kesiapan personel, saranan dan prasarana namun juga dibutuhkan partisipasi masyarakat agar pelaksanaannya aman dan lancar.

Selain itu, guna memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar dan kondusif perlu juga dilakukan pemetaan wilayah, atau tempat pemungutan suara (TPS) yang dinilai rawan konflik di Kabupaten Grobogan.

“Polres Grobogan akan memetakan terlebih dahulu sehingga kerawanan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 bisa dicegah atau diminimalisir,” tegas Kapolres Grobogan. 

Dalam kesempatan tersebut seusai apel pasukan, digelar deklarasi damai oleh KPU Grobogan diikuti perwakilan dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024. Perwakilan parpol dan forkompimda Grobogan juga menandatangani baliho Deklarasi Damai. (*)
 

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut