Logo Network
Network

Alhamdulillah, Jalan Menuju Wisata Religi Ki Ageng Tarub Rencana Diperbaiki Tahun Depan

Arif F
.
Kamis, 07 September 2023 | 17:39 WIB
Alhamdulillah, Jalan Menuju Wisata Religi Ki Ageng Tarub Rencana Diperbaiki Tahun Depan
Kondisi jalan menuju lokasi wisata religi makam Ki Ageng Tarub di Tawangharjo yang rusak dan butuh perbaikan. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Guna menunjang destinasi wisata religi di Kabupaten Grobogan adalah makam Ki Ageng Tarub, di Desa Tarub, Tawangharjo, jalan menuju lokasi tersebut akan diperbaiki pada 2024 atau tahun depan.

Menurut Bupati Grobogan Sri Sumarni, usulan perbaikan jalan menuju makam Ki Ageng Tarub insya Allah akan dilaksanakan tahun depan atau pada 2024. Memang kondisinya ada yang sudah rusak. 

Sekretaris DPUPR Kabupaten Grobogan, Wahyu Tri Darmawanto menjelaskan, bahwa panjang jalan sekitar 2,61 km. Dengan kondisi yang mantap sekitar 900 meter, sedangkan jalan yang butuh perbaikan sekitar 1,7 km.

“Jalan tersebut masuk ruas jalan Tawangharjo – Sedah, telah diusulkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Grobogan melalui Bantuan Provinsi (Banprov) tahun depan,” jelas Wahyu, Kamis (7/9/2023). 

Anggaran perbaikan jalan tersebut, lanjut Wahyu, diusulkan melalui Banprov Jawa Tengah dengan nominal sekitar Rp12 miliar. Dengan anggaran sebesar itu rencana perbaikan jalan menggunakan konstruksi beton lebar 5 meter.

“Perbaikan konstruksi beton dan ditambah lebarnya. Karena banyaknya peziarah yang rombongan naik bus, sehingga memudahkan saat berpapasan dengan bus atau kendaraan lain,” kata Wahyu.

Sementara Camat Tawangharjo Joko Suprianto menyampaikan bahwa kerusakan jalan menuju makam Ki Ageng Tarub tersebut memang sudah lama. Perbaikan sudah dilakukan namun bersifat sementara.

Sehingga perbaikan tersebut tidak bertahan lama, karena sambung Joko Suprianto, jalan kembali rusak di sejumlah lokasi. Kondisi ini karena saat hari tertentu jumlah bus rombongan peziarah cukup banyak yang melewati jalan itu.

“Harapannya perbaikan akses jalan menuju salah satu wisata religi di Grobogan ini bisa segera terealisasi. Sehingga kondisi jalan lebih representatif dan nyaman dilewati," ujar Camat Tawangharjo. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini