get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan Tim Sepak Bola Surojenggolo, Tim Kembangan Juara 1 Pordes I Kuwu

Musibah Kebakaran Rumah Terjadi di Brati Grobogan, Dua Ekor Sapi Mati Terpanggang

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 08:04 WIB
header img
Kebakaran rumah di Desa Karangsari, Kecamatan Brati, Grobogan, Kamis (10/8/2023) malam. Satu rumah dan dua ekor sapi terbakar dalam kejadian tersebut. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Kebakaran rumah terjadi di Dusun Panjunan, Desa Karangsari, Kecamatan Brati, Grobogan, Kamis (10/8/2023) malam. Akibat kebakaran ini satu rumah dan dua ekor sapi ludes terbakar.

“Tidak ada korban luka maupun jiwa manusia. Namun rumah dan dua ekor sapi milik korban Ngadiman (60) ludes terbakar. Akibatnya korban mengalami kerugian Rp100 juta,” jelas Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Brati AKP I Ketut Sudiartha, Jumat (11/8/2023).

Kejadian kebakaran, menurut Kapolsek Brati, kali pertama diinformasikan Ali Safrudin (42) Ketua RT 01 Dusun Panjunan kepada perangkat Desa, Supriyanto (48) yang selanjutnya melaporkan ke Polsek Brati dan Damkar Satpol PP Grobogan.

Api dengan cepat membakar rumah berukuran 9 meter x 12 meter yang terbuat dari kayu. Tak berapa lama anggota Polsek Brati bersama petugas damkar mendatangi lokasi dan memadamkan api yang membakar rumah Ngadiman.

Menurut Kapolsek Brati AKP I Ketut Sudiartha saat kejadian sekira pukul 18.10 WIB, rumah milik Ngadiman dalam kondisi kosong. Karena pemilik rumah sedang keluar rumah, sedangkan istrinya sedang salat magrib di musala tak jauh dari rumah.

Api berhasil dipadamkan petugas damkar sekitar 10 menit kemudian. Setelah itu dilakukan proses pendinginan guna memastikan api telah benar-benar padam. Barulah anggota Polsek Brati bersama Tim Inafis Polres Grobogan melakukan olah tempat kejadian perkara.

“Kami juga memeriksa sejumlah saksi termasuk pemilik rumah Ngadiman guna mengetahui penyebab kebakaran tersebut,” kata Kapolsek Brati.

Berdasarkan keterangan Ngadiman, sebelum keluar rumah sekira pukul 17.00 WIB, dia menyalakan api bediang atau perapian untuk mengusir nyamuk dan lalat di kandang ternaknya. Adapun letak kandang ternak berada di bagian belakang rumah.

Kemudian sekitar pukul 17.50 WIB, istri korban bernama Siti Chalimah (53) keluar rumah untuk menjalankan salat magrib di musala yang berjarak kurang lebih 100 meter dari rumahnya. Sehingga rumah saat itu dalam kondisi kosong.

“Penyebab kebakaran berdasarkan olah TKP dan keterangan saksi diduga berasal dari api bediang yang membesar dan menyambar dinding rumah korban,” ujarnya.

Akibat kejadian kebakaran rumah dan kandang ternak tersebut, Kapolres Grobogan melalui Kapolsek Brati mengimbau kepada warga untuk memastikan sumber api di rumah telah padam ketika keluar atau pergi. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut