get app
inews
Aa Read Next : Banjir Landa Kota Purwodadi Grobogan Kali Kedua di 2024, Ribuan Kepala Keluarga Terdampak

Jelang Pemilu 2024, KPU Grobogan Gelar Pelantikan dan Apel Anggota PPS

Rabu, 25 Januari 2023 | 06:53 WIB
header img
Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo melantik anggota PPS untuk Pemilu 2024 di Gedung Serbaguna Dewi Sri, Kelurahan Danyang, Purwodadi, Selasa (24/1/2023). (Arif F)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Grobogan melantik sekaligus menggelar apel anggota Panitia Pemungutan Suara atau PPS sekabupaten Grobogan di Gedung Serbaguna Dewi Sri, Danyang, Purwodadi, Selasa (24/1/2023).

Ada sebanyak 840 anggota PPS yang nantinya bertugas di 280 desa dan kelurahan. Jumlah tersebut terdiri dari 646 anggota PPS laki-laki dan 194 anggota PPS perempuan. Jumlah anggota PPS perempuan sudah memenuhi komposisi keterwakilan perempuan 30 persen.

"Ada 840 anggota PPS yang kita lantik dan ambil sumpahnya hari ini. Mereka dari 280 desa dan kelurahan di Kabupaten Grobogan. Masing-masing desa atau kelurahan ada tiga anggota PPS," jelas Ketua KPU Agung Sutopo.

Setelah pelantikan, menurut Agung, dalam sepekan ini mempersiapkan kantor kesekretariatan PPS yang dikuatkan dengan keputusan kepala desa setempat. KPU Grobogan juga mendukung dengan surat keputusan.

"Selanjutnya pada 26 Januari, perekrutan panitia pemutakhiran data pemilih sesuai jumlah TPS, yakni 4.707 orang. Kemudian awal Februari, KPU Grobogan akan melakukan verifikasi faktual data calon DPD.

Pelantikan anggota PPS dihadiri Bupati Grobogan Sri Sumarni, Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Jawa Tengah Henry Wahyono, Dandim 0717/Grobogan, Kajari, dan para kades.

Dalam sambutannya Bupati Sri Sumarni mengucapkan selamat kepada KPU Grobogan yang telah melaksanakan tahapan sesuai dengan jadwal pelaksanaan Pemilu 2024.

Menurut Bupati, anggota PPS memiliki tugas mulai dari sosialisasi, pemutakhiran dan pengumuman data pemilih, melakukan pemungutan suara, sampai dengan penghitungan suara.

Kemudian, lanjutnya, dalam melaksanakan tugasnya berkewenangan membantuk KPPS di wilayah TPS masing-masing yang telah ditentukan. Sehingga sebagai anggota PPS memlili perang yang sangat strategis.

"Sebagai ujung tombak dalam suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024, anggota PPS harus melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab," kata Bupati.

Bupati Grobogan juga meminta para kades atau lurah, untuk memberikan dukungan penuh kepada PPS di wilayahnya masing-masing. Seperti terkait sekretariat dan dukungan atas suksesnya tugas-tugas PPS lainya.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut