get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

KPU Grobogan Mulai Pelipatan Surat Suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden

Minggu, 14 Januari 2024 | 14:41 WIB
header img
Koordinator Pengawas pelipatan surat suara KPU Grobogan, Adi Sucipto menunjukan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang rusak, Minggu (14/1/2024). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - KPU Grobogan mulai melaksanakan pelipatan surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden dalam Pemilu 2024, di Gedung Serbaguna Dewi Sri, Minggu (14/1/2024).

"Iya hari ini mulai pelipatan surat suara Pilpres di Gedung Serbaguna Dewi Sri, Kelurahan Danyang, Kecamatan Purwodadi, Grobogan," jelas Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo.

Menurut Agung Sutopo, proses pelipatan surat suara dilaksanakan KPU Grobogan mulai Sabtu 6 Januari 2024. Surat suara untuk pemilihan DPR RI yang pertama kali dilipat dilanjutkan DPRD Provinsi dan DPD.

Setelah dua surat suara tersebut selesai disortir dan dilakukan pelipatan dilanjutkan pelipatan surat suara untuk Pilpres. Untuk tenaga pelipatan menurut Agung Sutopo masih sama yakni 528 orang.

Jumlah surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden lanjutnya, sama yakni  sebanyak 1.150.745 ditambah 1.000 lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang, total 1.151.745 lembar.

"Target waktu pelipatan untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, dua hari. Syukur bisa lebih cepat," kata Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo.

Sementara Koordinator Pengawas pelipatan surat suara, Adi Sucipto menjelaskan, proses pelipatan masih terus berlangsung. Dari proses tersebut ditemukan beberapa surat suara rusak.

"Kerusakan yang didapati itu sobek, berkerut, terkena tinta, potongan tidak rapi. Nah untuk surat suara Pilpres ditemukan tidak ada sampul. Ada yang hanya foto calon tanpa tulisan," ujar Adi Sucipto.

Mengenai jumlah surat suara yang rusak hasil sortir dan pelipatan, menurut Adi Sucipto atau Yanto 'Bakso', untuk surat suara pemilihan DPR RI total ada 1.177 lembar.

Kemudian untuk surat suara pemilihan DPRD Provinsi, lanjutnya, ditemukan ada 914 lembar yang rusak. Kemudian untuk surat suara pemilihan DPD, ada 2.466 lembar.

"Sedangkan untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden sampai Minggu siang sementara ditemukan ada 750 lembar rusak. Ada kemungkinan bertambah karena masih berlangsung," kata Adi Sucipto. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut