Logo Network
Network

Amankan Ngunduh Mantu Putra Presiden Jokowi, Polda Jateng Siapkan 3 Batalyon Personil Polisi

Langgeng Widodo
.
Sabtu, 03 Desember 2022 | 19:20 WIB
Amankan Ngunduh Mantu Putra Presiden Jokowi, Polda Jateng Siapkan 3 Batalyon Personil Polisi
Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi berbincang dengan Kabid Kombes Pol M Iqbal Alqudusy terkait rencana pengamanan acara ngunduh mantu Kaesang-Erina Gudono di Solo.

MURIA.iNews.id-Polda Jateng siap mengamankan "gawe" Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan ngunduh mantu putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, 11 Desember 2022 mendatang.

Setidaknya, Polda Jateng menyiapkan tiga batalyon atau sebanyak 2188 personel untuk mengamankan prosesi ngunduh mantu tersebut.

Mulai daribkegiatan siraman di Sumber (kediaman Presiden Joko Widodo), kirab yang mengambil start di Loji Gandrung hingga resepsi yang akan dilaksanakan di Pura Mangkunegaran, Banjarsari Solo.

Menurut Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, personel polisi yang dilibatkan dalam kegiatan pengamanan itu seluruhnya dari satuan kepolisian di Jawa Tengah.

"Sebanyak 2188 personel itu akan dibagi dalam 5 satgas dan akan ditugaskan untuk mengadakan pengamanan di lima titik, yaitu lokasi siraman di kediaman Presiden, lokasi start kirab di Loji Gandrung, Rute Kirab serta Pura Mangkunegaran," kata Kabidhumas, Sabtu (3/12/2022)

"Adapun lokasi-lokasi lain di Surakarta tetap mendapat prioritas pengamanan, dan pelayanan masyarakat tetap dilaksanakan seperti biasanya," imbuhnya.

Dalam pengamanan itu, lanjut Kabidhumas, Polda Jateng juga menyiapkan 86 kendaraan roda dua dan 94 kendaraan roda empat guna mendukung pengamanan kegiatan.

"Semuanya sudah dalam kondisi siap dan bisa digunakan sewaktu-waktu," ungkapnya

Sementara itu untuk posko kegiatan, kata dia, Polda Jateng menyiapkan tiga posko di Benteng Vastenburg, Pura Mangkunegaran dan Traffic Management Center (TMC) Polresta Surakarta. Kesemua posko dilengkapi alat komunikasi canggih termasuk sarana pemantauan CCTV dan ambulance

"Secara umum, Polri khususnya Polda Jateng sudah menyiapkan personil dan sarana untuk pengamanan dan kelancaran kegiatan," kata Iqbal.

"Pada pelaksanaannya nanti kita akan bersinergi dengan semua komponen yang terlibat termasuk dengan Pemkot Surakarta dan unsur TNI," pungkasnya.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini