Bawaslu Grobogan Menulis Buku SDM Tentang Kerja Pengawasan Selama Pemilu 2024

Arif Fajar
Rapat koordinasi penulisan buku SDM tentang kerja kerja pengawasan selama Pemilu 2024 digelar Bawaslu Grobogan, Selasa (13/8/2024). (Arif Fajar)

GROBOGAN, iNewsMuria.id - Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Grobogan menulis buku SDM dalam pelaksanaan tugas pengawasan selama pelaksanaan Pemilu 2024.

Guna mematangkan proses penyusunan atau penulisan buku tersebut, Bawaslu Grobogan bersama Sekretariat Bawaslu melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak dengan menggelar rapat, pada Selasa (13/8/2024).

"Ini rapat koordinasi yang kedua dalam penyusunan buku SDM yang merupakan instruksi dari Bawaslu Jawa Tengah," jelas Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti didampingi anggota Desi Ari Hartanta dan Amal Nur Ngazis.

Menurut Fitria, Bawaslu Jawa Tengah menginstruksikan agar Bawaslu tingkat kabupaten mendokumentasikan kerja-kerja pengawasan termasuk personel pengawas di Bawaslu Grobogan selama Pemilu 2024.

Adapun tim penyusun Buku SDM lanjut Fitria, melibatkan semua pihak di Bawaslu Grobogan dengan PIC (person in charge) Koodinator Divisi SDM dan Organisasi Agus Purnama dan stafnya.

"Melibatkan juga Sekretariat Bawaslu Grobogan, karena butuh sejumlah data dan dokumen berkaitan dengan pengawasan, penanganan pelanggaran Pemilu, personel adhoc. Sehingga ini kerja bersama," ujar Fitria.

Adapun tujuan penyusunan atau penulisan buku kerja kerja pengawasan dan personil pengawas adhoc di Bawaslu tersebut, menurut Fitria, agar bisa dilihat oleh masyarakat kendati anggota Bawaslu sudah berganti.

Karena buku yang tengah disusun tersebut, lanjut Ketua Bawaslu Grobogan, berisi catatan sejarah dan kegiatan pengawasan dalam Pemilu 2024 yang terdokumentasi dengan baik dalam bentuk buku.

Menurut Fitria, penulisan buku berisi kerja-kerja pengawasan tersebut merupakan buku yang ke lima. Karena sebelumnya Bawaslu Grobogan sudah menerbitkan empat buku tentang pengawasan Pemilu.

Yakni, Potret Pilkada 2020 Mengawal Demokrasi dan Dinamika Pengawasan di Masa Pandemi, Memoar Pengawasn (Pemilu Serentak), Profil Desa Pengawasan dan Anti Politik Uang di Kabupaten Grobogan.

Kemudian buku ketiga lanjut Ketua Bawaslu Grobogan, berjudul Impresi Pilkada Dalam Pandemi, serta Tapak Tilas Pengawas Pemilu di Bumi Ki Ageng Selo (2004-2023). 

"Diharapkan buku yang tengah kita susun bisa diluncurkan di Agustus 2024 sesuai instruksi Bawaslu Jateng," tambah Fitria.(*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network