Coblosan Pemilu 2024 Usai, Petugas Pemungutan Suara Diperiksa Kesehatannya

Arif Fajar
Satgas Dokkes Polda Jateng mengecek kesehatan petugas pemungutan suara pada Pemilu 2024, Kamis (15/2/2024). (dok Humas Polda Jateng)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 selesai, anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) diperiksa kesehatannya oleh Bidokkes Polda Jateng dan Siedokkes masing-masing Polres.

“Pemeriksaan kesehatan oleh Bidokkes Polda Jateng Siedokkes di jajaran Polres dilaksanakan sebelum dan setelah pemungutan suara,” kata Kabid Dokkes Polda Jateng  Kombes Pol Summy Hastry Purwanti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/2/2024).

Untuk lokasi pemeriksaan kesehatan anggota KPPS termasuk petugas keamanan, lanjut Kombes Pol Hastry Purwanti, dilaksanakan baik di TPS, kelurahan maupun kecamatan di mana mereka bekerja.

Petugas kesehatan dari Polres lanjutnya, telah berkeliling ke masing masing TPS dan standny di Posko Kesehatan untuk memberikan dukungan kesehatan bila diperlukan.

Pasca pemungutan personel kesehatan dari masing-masing Polres di jajaran Polda Jateng dengan menggunakan mobil ambulans melakukan pengecekan kesehatan para petugas pemungutan suara. 

Seperti yang dilakukan Siedokkes Polrestabes Semarang yang mengecek kesehatan anggota KPPS di Kelurahan Brumbungan, Gabahan, Miroto, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.

Kepada awak media Kasidokkes Polrestabes Semarang AKP. Indro menyampaikan, bahwa tim Dokkes Polrestabes Semarang melaksanakan tugas pelayanan kesehatan untuk KPPS maupun petugas lainnya.

“Petugas pemungutan suara terpantau masih sehat. Setelah dilakukan pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi, juga pemberian vitamin serta obat,” ujar Kasidokes Polrestabes Semarang 

Salah satu anggota KPPS di Kelurahan Miroto, Sigit mengapresiasi dan berterima kasih atas perhatian dari Kapolri dan jajarannya yang telah memberikan layanan kesehatan kepada petugas pemungutan suara.

“Kami merasa di hargai dan dijamin keselamatan serta kesehatannya, oleh karena terima kasih kepada Bapak Kapolri dan jajarannya,” ujar Sigit.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu S mengatakan, dalam pelaksanaan Pemilu 2024 kepolisian telah melaksanakan Operasi Mantap Brata Candi (OMB) dengan melibatkan unsur kesehatan yang tergabung dalam Satgas Dokkes.

“Polda Jateng, juga berkoordinasi dengan instansi kesehatan maupun fasilitas kesehatan terdekat agar cepat mengambil tindakan medis  apabila ada yang  membutuhkan pertolongan lanjutan,” kata Kombes Pol Satake. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network