Kapolres Grobogan Sebut Solidaritas Warga Kunci Sukses Pelaksanaan Satkamling

Arif F
Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan menyerahkan penghargaan kepada juara 1 lomba Satkamling dalam rangka Hari Bhayangkara ke 77, Rabu (21/6/2023) di Mapolres Grobogan. (Istimewa)

GROBOGANiNewsMuria.id-Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan menyatakan Satkamling merupakan garda terdepan keamanan lingkungan di tingkat RT dan RW. Untuk itu solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling.

Hal itu disampaikan Kapolres Grobogan saat menyerahkan penghargaan juara lomba Satkamling dalam rangka Hari Bhayangkara ke 77 tingkat polres saat apel Ketua Satkamling di halaman apel Mapolres Grobogan, Rabu (21/6/2023).

Hasil penilaian berhasil meraih juara 1 Satkamling Dusun Bangsri, Tambakselo, Wirosari. Juara 2 diraih Satkamling Dusun Krenekan, Tunggak, Toroh dan juara 3 disabet Satkamling Dusun Lekok, Penawangan. 

Satkamling lanjut AKBP Dedy Anung Kurniawan adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT, RW pada Kelurahan atau Desa. Keberadaan Satkamling diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan pencegahan secara cepat dan tepat.

“Solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling. Selain itu, Satkamling harus bersinergi dengan TNI Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan di lapangan berjalan dengan optimal,” kata Kapolres Grobogan.

Menurut Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan, saat ini Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih saat ini akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu 2024. 

“keberhasilan dalam Pemilu 2024 menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong Visi Indonesia Emas yang kita cita-citakan bersama. Untuk itu harus kita dukung,” ujar Kapolres Grobogan.

Sebagai garda terdepan keamanan lingkungan, maka tambah AKBP Dedy Anung Kurniawan,  Polres Grobogan akan memberi pelatihan untuk meningkatkan kemampuan para awak Satkamling. Antara lain penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat. 

“Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan, sehingga penyelenggaraan Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelas Kapolres Grobogan.

Kegiatan apel Ketua Satkamling, sambung Kapolres, merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat revitalisasi Satkamling. Selain itu, untuk mengoptimalisasi peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Menurut AKBP Dedy Anung Kurniawan, hal ini sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan transformasi operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.

“Saya berpesan kepada awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada norma, dan etika saat tugas. Karena fungsi kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan merupakan sebuah kehormatan yang harus dijaga. Kehadiran Satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat,” tambah Kapolres Grobogan. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network