get app
inews
Aa Read Next : Mulai 1 Januari 2024 Pengguna LPG Tabung 3 Kg Wajib Daftar, Begini Prosedurnya

Produksi Solar Kemungkinan Menurun, Akibat Kebakaran Kilang Minyak Pertamina di Balikpapan

Sabtu, 05 Maret 2022 | 17:20 WIB
header img
Kebakaran kilang minyak Pertamina di RU V Balikpapan, Jumat siang. (Foto: Twitter)

BALIKPAPAN, iNews.id - Produksi bahan bakar minyak (BBM) dengan jenis solar di PT Pertamina Refinery Unit atau RU V Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) dipastikan akan menurun. Hal ini terjadi lantaran kebakaran kilang minyak yang terjadi pada Jumat (5/3/2022), sekitar pukul 10.32 WITA.

"Area yang terbakar pabrik pengolah solar, jadi akan mengurangi produksi.  Tapi kami berupaya menjaga penyaluran solar, masih tersedia cadangan yang jumlahnya cukup melimpah," ujar General Manajer Pertamina RU V Balikpapan, Wahyu Sulistyo Wibowo di Balikpapan, Jumat (4/3/2022).

Dia mengatakan bahwa cadangan BBM jenis solar kini masih ada sekitar 600.000 barel. Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan pihak Pertamina Patra Niaga agar suplai dipastikan aman.

Menurutnya pengiriman atau penyalurannya tersebut tidak dijadwal ulang. Pasalnya, penyaluran solar melalui kapal juga aman.

Pertamina RU V Balikpapan akanl segera mengupayakan mengenai perbaikan terhadap unit kilang minyak yang terbakar tersebut. Namun untuk dapat melakukan perbaikan itu masih menunggu hasil investigasi yang dilakukan secara internal bersama kepolisian.

Pertamina RU V Balikpapan menduga bahwa kebakaran tersebut terjadi pada penukar panas, tepatnya pada bagian alat pendingin udara.

Dia menjelaskan alat pendingin udara tersebut seperti kipas angin yang letaknya di atas. Adanya pendingin udara Ini yaitu untuk menyedot angin dari bawah kemudian mendinginkan tempat penampung minyak yang telah diolah.

"Tapi penyebab pastinya masih didalami, di lapangan masih melakukan penilaian dan evaluasi untuk antisipasi terjadinya kebakaran di area lainnya," ucapnya. Setelah pemadaman dan pendinginan langsung, kemudian barulah dilakukan upaya mengidentifikasi untuk mengetahui kerusakan yang terjadi, serta mengumpulkan data untuk mencari penyebab kebakaran tersebut.

 

Editor : Aisyah Hasna Muffidah

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut