get app
inews
Aa Read Next : Wayang Kulit “Pandawa Tandang" Meriahkan HUT 60 Yasbhum

3 Tradisi Tanah Jawa yang Hingga Kini masih Mendunia, Apa Saja?

Selasa, 01 Maret 2022 | 23:54 WIB
header img
Ilustrasi parade reog ponorogo

JAKARTA, iNews.id - Tradisi tanah Jawa yang mendunia pasti tentu menjadi kebanggaan besar bagi bangsa Indonesia. Bahkan, tradisi tersebut hingga kini masih dilestarikan, lho. Pulau Jawa memang terdiri dari beraneka ragam budaya dan ciri khas yang dapat membuat siapapun pasti terpukau ketika melihatnya. Lantas apa saja sih budaya yang mendunia itu? Yuk simak informasi berikut ini

1. Reog Ponorogo

Tradisi tanah Jawa yang mendunia pertama adalah reog Ponorogo. Kesenian ini berasal dari daerah Jawa Timur dan sering menjadi kesenian yang ditampilkan dalam suatu acara penting, seperti upacara adat sampai pernikahan. Dalam tarian reog Ponorogo, penari tersebut akan memakai topeng singa dengan bobot sekitar 50-60 kilogram. Dari keunikan inilah yang menjadikan reog Ponorogo tersebut menjadi perhatian dunia.

2. Sekaten

Tradisi sekaten ini identik dengan perayaan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad sekitar daerah Solo dan Yogyakarta. Tradisi tanah Jawa yang telah mendunia ini ternyata sudah dijalankan sejak zaman para raja Hindu terdahulu untuk memberikan sesajen kepada para leluhur yang telah meninggal.

Kemudian, tradisi tersebut diteruskan sebagai akulturasi dengan masuknya agama Islam di dalamnya untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad. Tradisi ini dibuat dengan adanya pagelaran musik menggunakan gamelan Jawa yang menjadi kegemaran warga dan bukan lagi rebana.

Puncak upacara ini dikenal dengan mengarak gunungan yang diisi dengan hasil tani masyarakat dari lingkungan keraton sampai ke masjid Agung. Pada 2014, sekaten masuk dalam warisan dunia UNESCO sebagai budaya tanah Jawa sehingga hal tersebut juga menambah kepopulerannya.

3. Wayang

Tak diragukan yang satu ini lagi, wayang masuk dalam tradisi tanah Jawa yang mendunia. Hal tersebut terbukti karena wayang masuk dalam warisan budaya dunia versi UNESCO pada tahun 2003.

Selain itu, para wisatawan asing juga banyak yang tertarik untuk belajar kesenian ini. Dalam praktiknya, wayang ini mengandung filosofi tinggi baik dari penokohan maupun cerita yang dibawakan.

Contoh kisahnya adalah Mahabarata dengan Pandawa dan Kurawa yang sangat populer hingga dibuat serial India dengan judul yang sama. Wayang ini biasa muncul pada acara sunatan, nikahan maupun sebagai hiburan masyarakat.

Wayang juga dikenal sangat kental dengan upaya masuknya agama Islam ke tanah Jawa oleh Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga berhasil memadupadankan, antara tradisi Jawa dan Islam hingga berkembang sampai saat ini.

Demikian ada 3 tradisi tanah Jawa yang mendunia. Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara Indonesia ini untuk bisa melestarikan dan bangga akan tradisi-tradisi yang ada di Tanah Air.

 

Editor : Aisyah Hasna Muffidah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut