get app
inews
Aa Read Next : Satgas Pangan Polri Dukung Program Percepatan LTT Dari Kementan di Jawa Tengah

Lazismu Grobogan Raih Juara 3 Lembaga Zakat Program Unggulan di Festival Jateng Syariah 2024

Minggu, 11 Agustus 2024 | 18:21 WIB
header img
Direktur Lazismu Grobogan Andik Waloyo menerima hadiah sebagai juara 3 Program Ungulan di Festival Jateng Syariah yang digelar Bank Indonesia, Minggu (11/8/2024). (dok Lazismu Grobogan)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah atau Lazismu Grobogan meraih juara 3 sebagai Lembaga Zakat Program Unggulan terbaik se Jawa Tengah.

Direktur Lazismu Grobogan Andik Waloyo menerima langsung penghargaan sebagai juara 3 dari panitia lomba Festival Jateng Syariah (Fajar) 2024 se Jawa Tengah di Aula Masjid Agung Jateng, Minggu (11/8/2024).

Menurut Andik Waloyo kegiatan Festival Jateng Syariah merupakan program tahunan dari Bank Indonesia (BI). Salah satunya penilaian lembaga zakat di Jawa Tengah.

“Jadi pesertanya adalah lembaga zakat yang ada di Jawa Tengah, seperti Baznas, Lazismu dan Dompet Dhuafa,” jelas Direktur Lazimu Grobogan Andik Waloyo saat dihubungi iNewsMuria.id. 

Adapun juara Festival Jateng Syariah 2024 dalam penilaian lembaga zakat yang digelar BI, juara 1 Dompet Dhuafa, juara 2 Lazis Jateng, dan juara 3 Lazismu Grobogan.

Keikutsertaan Lazismu Grobogan lanjut Andik Waloyo setelah pihaknya dihubungi penyelenggara. Kemudian dilanjutkan dengan menggunggah dokumen Program Pemberdayaan Ekonomi Umat.

“Program Peternakan Kambing Hotel Wedhus Lemu yang menjadi percontohan dari Lazismu lain dalam pengelolaan program peternakan kambing yang terintegrasi,” kata Andik Waloyo. 

Peternakan dalam program Pemberdayaan Ekonomi Umat tersebut, lanjutnya, juga dikembangkan menjadi kelompok pemberdayaan Bank Pakan Hijau maupun fermentasi.

Ada juga kelompok pemberdayaan pupuk kompos organik kotoran kambing dan warung dona sate kambing Wedhus Lemu yang juga melayani Aqiqahmu.

Penilaiannya meliputi, pendanaan dan keberlangsungan program pemberdayaan, inovasi  dan kreativitas, banyaknya kelompok keluarga yang diberdayakan, monitoring dan evaluasi, serta pengembangan program.
 
“Ternyata setelah diseleksi, Lazismu masuk enam besar kemudian diminta mengikuti wawancara proposal di kompleks Masjid Agung Jateng, Jumat (9/6/2024). Hari ini Minggu diumumkan dan Alhamdulillah juara 3,” ujar Andik. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut