get app
inews
Aa Read Next : Saat Anda Stres Waspadai Munculnya Gangguan Kesehatan Berikut Ini

10 Makanan ini Ternyata Bisa Memicu Sakit Kepala

Senin, 21 Februari 2022 | 22:51 WIB
header img
Keju tua bisa memicu sakit kepala (Foto: Times of india)

Sakit kepala sudah tidaklah asing lagi bagi kalian tentunya. Sakit kepala ini bisa menjadi sangat menyakitkan sehingga mempersulit aktivitas sehari-hari. Ada beberapa hal yang diderita akibat tekanan darah tinggi, sinusitis dan migrain.

Akan tetapi, asal kalian tahu segala jenis sakit kepala ternyata juga bisa berasal dari makanan yang Anda konsumsi.

Berikut ini ada 10 jenis-jenis makanan yang ternyata dapat memicu sakit kepala, seperti dilansir dari Boldsky.

  1. Alkohol

Seperti yang kalian ketahui bahwa, alkohol tentunya sudah tidak asing lagi bagi kalian semuanya. Alkohol ini merupakan minuman pemicu rasa sakit kepala yang telah menyerang banyak orang. Minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat memicu sakit kepala kalian.

  1. MSG

Monosodium glutamat (MSG) adalah zat aditif makanan yang ditemukan dalam makanan tertentu seperti kecap, saus tomat dan daging olahan. Menurut American Migraine Foundation, MSG menjadi penyebab migrain akut pada 10 hingga 15 persen penderita migrain.

  1. Makanan beku dan asin

Makanan beku dan asin seperti sayuran beku, kacang campuran dan mi instan dapat menyebabkan sakit kepala karena kandungan bahan pengawet di dalamnya.

  1. Daging olahan

Sekarang ini banyak sekali makanan-makanan daging olahan yang sedang marak dan digemari oleh anak-anak, remaja, bahkan orang tua. Tanpa disadari bahwa ternyata daging olahan tersebut dapat memicu migrain pada beberapa orang, seperti sosis, bacon dan ham mengandung nitrit.

  1. Pemanis buatan

Pemanis buatan seperti sakarin, acesulfame, aspartame, neotame, dan sucralose adalah pengganti gula yang dapat memicu sakit kepala bagi beberapa orang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aspartame dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang.

  1. Keju tua

Asal kalian tahu, keju lama ini  ternyata mengandung tyramine, zat kimia yang terbentuk sebagai akibat dari pemecahan protein dalam keju. Keju tua seperti keju feta, keju parmesan dan keju biru memiliki lebih banyak tyramine yang dapat menyebabkan sakit kepala.

  1. Kacang

Kacang-kacangan juga dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang karena terdapat kandungan tyramine di dalamnya.

 

  1. Kopi

Kopi merupakan minuman yang sangat populer dan dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia. Konsumsi kopi secara berlebih ternyata juga dapat mengakibatkan sakit kepala migrain pada beberapa orang. Namun, mengurangi konsumsi kopi dapat mengurangi kemungkinan sakit kepala migrain.

  1. Es krim

Sifat dingin yang ekstrim pada es krim ternyata juga dapat memicu sakit kepala. Hal tersebut ternyata adanya stimulasi saraf pengontrol aliran darah ke kepala yang kemudian menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di kepala.

  1. Cokelat 

Cokelat, terutama jenis yang memiliki kandungan kakao rendah dapat memicu sakit kepala migrain pada beberapa orang karena adanya bahan kimia tyramine dan kafein.

Editor : Aisyah Hasna Muffidah

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut