get app
inews
Aa Read Next : Jenis Makanan Ternyata Berpengaruh pada Waktu Tidur

Makanan Berprotein Pengganti Daging yang Mudah Didapat

Kamis, 24 Februari 2022 | 22:31 WIB
header img
Ilustrasi makanan berprotein pengganti daging

Dalam tubuh manusia diperlukan beberapa sumber asupan nutrisi. Salah satunya yaitu daging. Nutrisi yang terkandung dalam daging yaitu protein

Memenuhi kebutuhan asupan protein sehari-hari tetap penting untuk Anda lakukan. Makanan berprotein akan menjauhkan Anda dari gangguan fungsi tubuh serta membantu organ-organ bekerja lebih baik.

Tapi bagaimana jika daging yang memiliki protein sulit untuk didapatkan? Alhasil Anda harus mengganti asupan protein yang berasal dari daging dengan makanan yang lain. Bisa berupa tumbuh-tumbuhan dan juga biji-bijian.

Di bawah ini berbagai makanan pengganti daging untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

1. Telur
Telur merupakan bahan makanan yang mudah untuk didapatkan. Tak hanya mengandung protein, telur juga mengandung berbagai zat gizi yang tak kalah penting seperti vitamin B kompleks, termasuk riboflavin dan folat.

2. Susu
Susu dapat menjadi bahan tambahan untuk banyak menu makanan dan minuman. Tak hanya mengandung protein tinggi, susu juga mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan seperti kalsium, fosfor, dan vitamin B2.

3. Tahu
Protein yang terkandung dalam makanan pengganti daging satu ini cukup besar. Melansir Data Komposisi Pangan Indonesia, tahu mengandung protein sebesar 10,9 gram dalam 100 gram penyajiannya.

Tahu terbuat dari susu kedelai dan koagulan (pengental). Memiliki rasa yang cenderung netral, tahu dapat disulap menjadi banyak resep menu tahu sehat seperti ditumis dengan sayur, dikukus, bahkan menjadi campuran dalam puding cokelat.

4. Tempe
Sama seperti tahu, makanan tradisional ini juga memiliki bahan dasar kacang kedelai. Karena kacang kedelai disajikan utuh tanpa dihancurkan seperti pada tahu, kadar protein pada tempe lebih unggul dari tahu.

Jika dibandingkan, jumlah protein pada dua potong makanan hasil fermentasi ini sebanding dengan yang terdapat pada empat potong dada kalkun.

5. Selai Kacang
Selai kacang merupakan sebuah tambahan untuk makanan yang berlimpah protein, vitamin, dan mineral. Lumrahnya, selai kacang merupakan isian untuk roti.

6. Kacang Merah
Kacang merah memiliki protein yang cukup tinggi, yakni 11 gram per 100 gram penyajian. Dua cangkir kacang merah setara dengan protein yang terdapat pada satu porsi burger.

7. Edamame (Kacang Kapri)
Kandungan protein satu cangkir edamame setara dengan protein yang terkandung dalam dada satu ekor ayam. Tak perlu khawatir untuk mencari menu yang bisa disajikan dengan bahan ini, dimakan utuh pun edamame memiliki rasa yang lezat.

8. Kacang Polong
Kacang polong memiliki protein tinggi, rendah kalori, dan lemak. Dalam secangkirnya, kacang polong mengandung protein yakni sebesar 7,9 gram, yang mana jumlah ini setara dengan kadar protein yang terdapat dalam susu sapi.

Editor : Aisyah Hasna Muffidah

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut