get app
inews
Aa Read Next : RSUD Purwodadi Grobogan Ditunjuk Kemenkes Sebagai RS Rujukan Sejumlah Penyakit

Warna Aplikasi PeduliLindungi Masih Saja Hitam Meskipun Sudah Negatif, Anda Harus Tahu Ini

Jum'at, 18 Februari 2022 | 20:16 WIB
header img
Aplikasi Peduli Lindungi apakah eror? (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsMuria – Belakangan, banyak masyarakat menganggap aplikasi PeduliLindungi error. Banyak yang mengeluh bahwa warna status PeduliLindungi yang tidak berubah padahal hasil tes Covid-19 sudah negatif. Kebanyakan, masyarakat mengeluh karena meski pada hari keempat sudah dinyatakan negatif, namun warna di aplikasi masih hitam. Padahal seharusnya, jika sudah negatif warna di aplikasi harusnya berubah menjadi hijau.

Padahal, menurut keterangan resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hal tersebut sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam surat Kemenkes Nomor IR.02.02/2/0691/2022 tentang Penjelasan Terkait Status Warna QR Code PeduliLindungi yang mana surat tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.02/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 varian Omicron.

Dijelaskan bahwa hasil tes negatif sebelum hari ke-5 tidak akan mengubah status warna menjadi kembali seperti semula atau hijau. "Hasil tes negatif sebelum hari ke-5 tidak akan mengubah status warna (aplikasi PeduliLindungi) menjadi kembali seperti semula (hijau), karena masih masa wajib karantina, sehingga status warna PeduliLindungi tetap hitam," terang Kemenkes dalam surat resminya yang diterima wartawan, Jumat (18/2/2022).

Masyarakat perlu ketahui bahwa untuk kasus konfirmasi positif Covid-19, status warna PeduliLindungi akan hitam selama 10 hari. Ini menandakan bahwa si pemilik aplikasi wajib melakukan isolasi mandiri jika tidak bergejala atau bergejala ringan, atau mendapat penanganan medis di rumah sakit jika gejalanya berat. Selama masa isolasi tersebut, status warna PeduliLindungi akan tetap hitam selama 10 hari.

Editor : Ade Achmad Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut