get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

Polres Grobogan Siapkan One Way Lokal Atasi Kemacetan Pas Mudik Lebaran 2024

Kamis, 04 April 2024 | 14:12 WIB
header img
Bupati Grobogan Sri Sumarni disaksikan Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan dan Dandim Grobogan Letkol Arh Muda Setyawan menyematkan tanda ke petugas Operasi Ketupat 2023, Kamis (4/4/2024). (Arif Fajar)

GROBOGAN, iNewsMuria.id - Polres Grobogan menyiapkan strategi one way lokal untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas yang terjadi Kabupaten Grobogan saat arus mudik Lebaran 2024 yang melewati jalur Grobogan.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan seusai apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 di halaman Setda Grobogan, Kamis (4/4/2024).

"Hasil pemetaan ada sejumlah titik di jalur mudik yang rawan macet, seperti persimpangan di Godong. Nanti kita terapkan one way lokal jika terjadi kemacetan," jelas Kapolres AKBP Dedy Anung Kurniawan didampingi Wakapolres Kompol Gali Atmajaya.

Selain itu lanjutnya, Polres Grobogan juga telah menyiapkan 7 Pos terdiri dari pos pengamanan untuk pelayanan masyarakat yang mudik. Kemudian pos strong poin seperti di terminal dan objek wisata.

Ada juga Pos Pelayanan di Simpang Lima Purwodadi yang merupakan pos pelayanan terpadu untuk melayani warga yang ingin istirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Lalu ada  pos sinergitas TNI Polri yang baru ada tahun ini.

Kemudian untuk pengamanan Lebaran 2024 menurut Kapolres Grobogan, pihaknya menerjunkan 333 anggota Polri, 42 anggota TNI, Dishub, Satpol PP, Damkar dan Dinkes serta organisasi-organisasi lain yang mendukung pengamanan selama Lebaran.

"Operasi Ketupat 2024 akan dimulai besok, Jumat (5/4/2024). Kemudian sesuai arahan Kapolri tahun ini terjadi peningkatan warga yang mudik sekitar 56 persen dibanding tahun yang lalu," kata Kapolres Grobogan. 

Untuk itu, sambung AKBP Dedy Anung Kurniawan, Polres Grobogan sebagai penyangga jalur pantura maka meyediakan jalur-jalur alternatif apabila terjadi kepadatan arus mudik di jalur pantura (pantai utara).

"Apabila terjadi kepadatan di jalur pantura maka kendaraan pemudik bisa melalui jalur Purwodadi, Blora, Rembang kemudian kembali ke jalur pantura," ujar Kapolres Grobogan didampingi Kasat Lantas AKP Tejo Suwono.

Agar tidak tersesat saat  melalui jalur alternatif di Kabupaten Grobogan, menurut AKBP Dedy Anung Kurniawan, Polres Grobogan telah menyiapkan petunjuk arah di sejumlah titik untuk memudahkan pemudik.

Polres Grobogan, tambah AKBP Dedy Anung Kurniawan juga sudah mengecek keamanan jalur mudik. Untuk jalan yang mengalami kerusakan akibat genangan atau kebanjiran beberapa waktu lalu, sudah dilakukan perbaikan oleh dinas terkait.

"Untuk perbaikan jalan rusak kita sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan sudah dilakukan perbaikan. Kami berharap mulai hari ini tidak ada lagi pengerjaan perbaikan jalan," tegas Kapolres Grobogan. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut