get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

KPU Grobogan Terima Logistik Pemilu 2024 Surat Suara DPR RI, Lainnya Menyusul

Kamis, 28 Desember 2023 | 17:06 WIB
header img
Kardus berisi logistik Pemilu 2024 berupa surat suara DPR RI diturunkan pekerja untuk dimasukan ke gudang KPU Grobogan. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Logistik Pemilu berupa surat suara yang diterima Komisi Pemilihan Umum atau KPU Grobogan hingga Kamis (28/12/2023) baru surat suara untuk DPR RI.

“KPU sudah menerima surat suara DPR RI dari Temprina Bawen. Ada 2.304 kardus yang diangkut dua unit truk dikawal polisi,” kata Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo.

Menurut Agung Sutopo logistik untuk Pemilu 2024 tersebut sampai di Gudang KPU Grobogan di Desa Putat Kecamatan Purwodadi, pada Selasa 26 Desember 2023 pukul 19.30 WIB.

Selain logistik surat suara DPR RI sambung Agung, logistik lainnya yang sudah diterima KPU Grobogan adalah  7.410 kotak suara dan 18.628 bilik suara pada Oktober 2023.

Adapun jumlah surat suara DPR RI 1.150.745 lembar dan 1.000 lembar untuk PSU (Pemungutan Suara Ulang). Sehingga lanjut Agung Sutopo, jumlah keseluruhan surat suara 1.151.745 lembar.

Apabila dilihat dari jumlah surat suara DPR RI yang sudah diterima dan disimpan di Gudang KPU Grobogan di Putat, maka berbeda dengan jumlah pemilih di Grobogan yang mencapai 1.125.968.

Mengenai hal itu, Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo menjelaskan, bahwa jumlanya surat suara DPR RI yang diterima memang lebih banyak dari jumlah pemilih. Karena ada ketentuan tambahan 2 persen setiap TPS.

“Jadi ada tambahan 2 persen per TPS (Tempat Pemungutan Suara) makanya berbeda dengan jumlah pemilih tetap. Kemudian untuk 1.000 lembar itu jika nanti dilakukan PSU,” jelas Agung Sutopo.

Sedangkan terkait surat suara lainnya, yakni surat suara pemilihan presiden, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, Agung mengatakan, masih menunggu jadwal dari percetakan.

Sementara mengenai rencana pemindahan lokasi penyimpanan surat suara ke Gedung Serba Guna Dewi Sri di Kelurahan Danyang, Kecamatan Purwodadi, Agung menjawab menunggu steril dulu.

“Jika sudah steril baru kita pindahkan. Sedangkan untuk pelipatan surat suara kita rencanakan dilakukan pada minggu kedua di bulan Januari 2024,” tambah Agung Sutopo. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut