get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

Puluhan Pengguna Jalan di Grobogan Tertangkap ETLE Drone Ditlantas Polda Jateng Lakukan Pelanggaran

Kamis, 30 November 2023 | 13:49 WIB
header img
Kasatlantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono disaksikan asi Gar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng Kompol Indra Hartono bersiap menerbangkan ETLE drone di pertigaan Putat, Kamis (30/11/2023). (Arif Fajar)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Puluhan pengguna jalan baik pengemudi mobil maupun sepeda motor di Pertigaan Putat, Grobogan tertangkap kamera ETLE drone yang diterbangkan Ditlantas Polda Jateng pada Kamis (30/11/2023).

“Tadi sekitar tiga menit ETLE drone kita terbangkan, ada sekitar 30 pelanggar berupa tidak menggunakan helm dan tidak memakai sabuk pengaman,” jelas Kasi Gar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng Kompol Indra Hartono.

Dalam kegiatan itu, Kompol Indra didampingi Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono dan Kanit Turjagwali, Kanit Gakkum, Kanit Regident serta jajaran personel Sat Lantas Grobogan lainnya.

Menurut Kompol Indra penerbangan ETLE drone di lampu lalu lintas pertigaan Putat tersebut dalam rangka sosialisasi, monitoring dan evaluasi penegakan hukum di Satlantas Polres Grobogan.

Kegiatan sosialisasi dan monitoring ini sambung Kompol Indra juga dalam rangka menjaga kondusifitas di Jateng. Mengingat pada bulan November dan Desember merupakan bulan Pemilu 2024.

“Untuk menjaga kondusifitas dengan cara penegakan hukum secara humanis. Yakni dengan cara digitalisasi salah satunya menggunakan ETLE. Di mana ada tiga jenis ETLE yakni ETLE statis, ETLE handheld dan ETLE drone.

Untuk penggunaan ETLE drone, lanjut Kompol Indra, terus disosialisasikan Ditlantas Polda Jateng ke masyarakat. Mengingat ke depannya untuk penindakan porsinya 80 persen dengan ETLE dron, ETLE statis, ETLE handheld dan 20 persen tilang manual.


Anggota Satlantas Polres Grobogan mencoba menerbangkan ETLE Drone di pertigaan Putat, Kamis (30/11/2023). (Arif Fajar)

 

Memang saat ini sambung Kompol Indra, baru sebatas sosialisasi mengingat Ditlantas Polda Jateng baru memiliki enam ETLE drone. Sementara jumlah polres di Polda Jateng ada 35 Polres.

“Kami masih menunggu petunjuk Dirlantas ke depannya bagaimana. Apakah masing-masing Polres di Polda Jateng akan menggunakan ETLE drone semua atau dipilih,” kata Kompol Indra.

Sementara menurut Kasatlantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono, untuk ETLE statis baru ada tiga di Purwodadi. Kendati demikian, anggota Satlantas juga bisa menggunakan ETLE handheld saat bertugas.

“Satlantas Polres Grobogan juga berharap nantinya bisa menggunakan ETLE Drone. Kita sudah mempersiapkan SDM karena ada pelatihan di Polda Jateng,” ujar AKP Tejo. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut