Siap-siap, inilah Amalan untuk Menyambut Bulan Rajab

Redaksi
.
Selasa, 25 Januari 2022 | 15:18 WIB
Ilustrasi berdoa

Bulan Rajab tinggal menghitung hari lagi. Bulan Rajab adalah bulan yang sangat bersejarah bagi umat beragama islam. Bulan tersebut menjadi sejarah isra' mi'raj Nabi Muhammad Sholallahu'alaihi Wasallam dan dimaknai perjalanan paling fenomenal.

Dari isra' dan mi'raj Nabi tersebut, berakhir pada perintah tuhan kepada umat Nabi untuk menjalankan sholat lima waktu. Hingga kini, Bulan Rajab tercatat sebagai bulan paling bersejarah dan dipercaya mendatangkan banyak keberkahan. 

Rosulullah bersabda bahwa sebaik-baiknya amalan adalah amalan yang dilakukan di bulan Rajab. Sehingga, setiap menyambut bulan Rajab, para muslim menyambutnya dengan riang gembira. 

Rosulullah, menyambut bulan Rajab dengan berdoa kepada Allah agar mendapat keberkahan dan bisa menyambut bulan ramadhan dengan penuh kegembiraan. 

Berikut doa menyambut bulan Rajab yang dibaca Rasulullah SAW:
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wa sya'bana wa ballighna romadhona.

Artinya: 
Ya Allah, limpahkanlah keberkahan kepada kami pada Bulan Rajab dan Bulan Sya'ban, serta pertemukanlah kami pada bulan Ramadhan.

Selain itu, beberapa amalan yang baik dilakukan pada bulan Rajab adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Puasa Rajab

Rosululloh bersabda; "Barang siapa yang berpuasa pada bulan Rajab 7 hari, maka ditutupkan pintu jahannam bagi dirinya dan barangkali puasa 8 hari, maka dibukakan delapan pintu surga, dan apabila puasa 10 hari maka semua permintaannya di kabulkan (HR. at-Thabrani)".

Adapun niat puasanya adalah sebagai berikut; 

Adapun niat puasa bulan Rajab sebagai berikut;

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya:
Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.

2. Banyak-banyaklah Istighfar

Sebagai bulan yang penuh rahmat, Bulan Rajab merupakan bulan permohonan ampun kepada Allah SWT. Sehingga kesempatan tersebut dapat digunakan untuk banyak istighfar di bulan Rajab dianjurkan bagi setiap umat muslim untuk memohon ampun atas segala dosa – dosa yang telah diperbuat.

3. Melakukan sedekah

Bersedekah merupakan salah satu perilaku yang mulia untuk memperbanyak amal sholeh di bulan rajab. Bersedekah dapat menolak bala, memperlancar rezeki, memperpanjang umur serta dapat memberi keberkahan di dunia dan di akhirat.

4. Berdoa dan Dzikir

Berdoa dan dzikir merupakan amalan yang mulia dan untuk senantiasa mengingat kebesaran Allah SWT. Bulan rajab merupakan waktu terkabulnya doa, Allah SWT berfirman.

Berikut adalah amalannya;
 


Amalan Bulan Rajab (Istimewa)

Editor : Ade Achmad Ismail
Bagikan Artikel Ini