get app
inews
Aa Read Next : Kadin Siapkan SGS Ke-10 Di Bulan Mei 2024, Ini Tujuannya

SGS Digelar 1-31 Oktober, Menteri Investasi : Ayo Berwisata, Belanja, dan Berinvestasi di Solo

Sabtu, 30 September 2023 | 14:00 WIB
header img
Konferensi pers Solo Great Sale 2023 di kantor Kadin Surakarta.

SOLO,iNewsMuria.id-Kementerian Investasi/BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) mengapresiasi dan mendukung kegiatan Solo Great Sale (SGS) yang diselenggara oleh Kadin Surakarta.

Karena itu, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengajak semua warga, dimana pun berada, untuk datang ke Kota Solo, selama SGS digelar, 1 hingga 31 Oktober 2023.

"Ayo beramai-ramai datang ke Kota Solo, nikmati keindahannya, sekaligus berwisata, belanja, dan berinvestasi," kata Bahlil, seperti dikutip dalam instagramnya, Sabtu (30/9/2023).

"Mumpung di Bulan Oktober ini ada Solo Great Sale, dimana banyak promo, banyak diskon, dan banyak hadiah. Sekali lagi, ayo beramai-ramai datang ke Kota Solo," pesannya.

Semenetara itu, sehari menjelang pelaksanaan Solo Great Sale, panitia SGS 2023 menggelar konferensi pers di kantor Kadin Surakarta, Sabtu (30/9/2023).

Konferensi pers dipimpin langsung oleh Ketua Kadin Surakarta Ferry Sephta Indrianto sekaligus Ketua panitia SGS 2023.

Sebelumnya, panitia menggelar sosialisasi dan promosi SGS pada para tenant di mall-mall, para pemilik/pengelola hotel (anggota PHRI), dan masyarakat luas di car free day Solo.

Promosi/sosialisasi SGS 2023 juga dilakukan di Kota Semarang, bersamaan dengan acara jalan sehat peringatan 55 tahun Kadin.

Sosialisasi melalui media sosial (Instagram, Youtube, dan lainnya) juga diperkuat untuk menginformasikan SGS ke masyarakat. Sosialisasi melalui media ruang juga diperbanyak.

"SGD ke-9 tahun ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya.Tema SGS 2023 kali ini ialah Wisata Belanja di Kota Budaya," kata Ketua Kadin Surakarta Ferry Sephta Indrianto sekaligus Ketua panitia SGS 2023.

Untuk mendukung tema tersebut panitia SGS 2023 menghadirkan 4 konsep yang akan ditampilkan, yakni, Festival Wisata, Festival Belanja, Festival Event dan Festival Dunia Usaha.

1.  Festival Wisata
Konsep wisata ini diambil dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Solo dan Sekitarnya.
Dalam festival Wisata ini Solo Great Sale 2023 menyediakan paket Bundling Wisata yakni paket 3 hari 2 malam di hotel bintang 3 seharga Rp 550 ribu/pax. Kuota paket wisata sebanyak 1.500 kamar dan masih bisa bertambah. Selain itu terdapat paket untuk hotel bintang 4 seharga Rp 700 ribu/pax dan hotel bintang 5 Rp 850 ribu/pax.
Selain itu SGS juga bekerja sama dengan PT KAI untuk Bundling Wisata dengan Tiket Kereta. Selama pelaksanaan SGS 2023 tiket dari Solo maupun menuju ke Solo akan mendapatkan diskon.

2. Festival Belanja
Konsep festival Belanja ini memiliki tujuan untuk mendorong suasana Sale benar-benar terasa selama pelaksanaan SGS 2023. Dengan begitu dapat menjadi daya tarik masyarakat untuk berbelanja di penyelenggaraan SGS ini.
Kegiatan yang menanti dalam festival Belanja ini antara lain : SGS Mebel Sale Expo (Clearance Sale) dengan Asmindo pada 4-8 Oktober 2023 di Pendhapi Gedhe dan halaman Balai Kota Surakarta. Selanjutnya Elektronik Great Sale dengan menghadirkan hingga 8 brand besar pada 13-22 Oktober di The Park Mall Solo Baru. Selain itu terdapat banyak lagi event sale dengan membuat program di mal-mal dan pusat perbelanjaan yakni Latest/ Night Sale.

3. Festival Event
Konsep ini diambil dengan tujuan untuk mendorong terselenggaranya berbagai event di Kota Solo selama penyelenggaraan SGS 2023. Sekaligus festival event ini menjadi daya tarik wisata ke Kota Solo.
Konsep Festival Event akan meriah dengan banyak kegiatan di dalamnya, mulai dari opening ceremony pada 4 Oktober 2023 malam di Balai Kota Surakarta. Kemudian, Surakarta Mini Triatlon 7 Oktober 2023 di Tirtomoyo Manahan, Otomotif Great Sale Expo 2-8 Oktober di Solo Paragon Mall, Adikarya Batik Nusantara 6-8 Oktober di Pracima Tuin Mangkunegaran bersama PPUMI, BUMN UMKM Great Sale 19-22 Oktober di Solo Paragon Mall. Kemudian Pameran UMKM Batik dan Carft tanggal 25-29 Oktober di Solo Paragon Mall, hingga Closing Ceremony 31 Oktober di Lokananta.

4. Festival Dunia Usaha
Festival Dunia Usaha, konsep ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan para pelaku usaha setra meningkatkan peluang usaha di Kota Solo dan sekitarnya.
Kegiatan yang dilakukan antara lain, mendorong aktivasi penggunaan Qris bersama Bank Indonesia sebagai alat pembayaran non tunai di kalangan pelaku usaha. Khususnya di pasar tradisional dan UMKM di kota Solo. Selain itu dalam Festival Dunia Usaha juga terdapat Sosialisasi Literasi dan Pameran Fintech bersama OJK. Dan terakhir Forum Bisnis Entrepreneur Pride tanggal 28-29 Oktober di Lokananta bersama HIPMI.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut