get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Botol Berisi Miras Disita Polisi dari Berbagai Lokasi di Grobogan

Pelaku Pencurian Kambing Diamuk Massa Berhasil Diamankan Sat Kamling Tambakselo

Selasa, 13 Juni 2023 | 10:44 WIB
header img
Warga mengerubungi mobil polisi yang hendak membawa pelaku pencurian kambing ke kantor polisi dalam simulasi Sat Kamling. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Jelang Idul Adha aksi pencurian hewan ternak perlu diwaspadai, karena Senin (12/6/2023) malam di Desa Tambakselo, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan baru saja ada kejadian itu.

Bahkan warga yang memergoki aksi pelaku pencurian kambing dibuat emosi dan sempat menghakimi pelaku. Beruntung ada Sat Kamling (satuan keamanan lingkungan) RT 03, RW 05 Desa Tambakselo yang kemudian mengamankan pelaku.

Warga yang sempat melakukan aksi massa akhirnya bisa ditenangkan Sat Kamling. Warga yang menjadi Sat Kamling kemudian menghubungi anggota Bhabinkamtibmas Polsek Wirosari dibantu anggota Babinsa setempat membawa pelaku ke Polsek.

Kejadian di RT 03, RW 05 Desa Tambakselo, Kecamatan Wirosari tersebut bukanlah kejadian sungguhan, namun merupakan simulasi yang diperagakan warga untuk penilaian lomba Poskamling tingkat Polda Jateng.

Tim Sat Kamling Dusun Bangsri RT 03, RW 05 Desa Tambakselo menjadi perwakilan dari Polres Grobogan dalam lomba Siskamling dengan tema, Polri Presisi Untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas.

Penilaian dilakukan langsung oleh tim dari Polda Jateng yang terdiri dari AKBP Siti Rondhijah beserta rombongan. Kedatangan tim disambut dengan kesenian barongan dan tarian dari warga Desa Tambakselo.

Tim melakukan penilaian sarana prasarana (sarpras) Sat Kamling, aspek giat, dukungan masyarakat dan pembinaan dari sat kamling di pos kamling Dusun Bangsri, Desa Tambakselo, Wirosari.

Wadir Binmas Polda Jateng AKBP Siti Rondhijah yang memimpin tim penilaian, menjelaskan bahwa pelaksanaan sat kamling diatur oleh Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pam swakarsa. Yakni pengamanan yang dibentuk oleh kepolisian untuk kamtibmas.

“Ada sejumlah aspek yang menjadi objek penilaian. Termasuk pemasangan CCTV di pos kamling harus tepat. Hal itu untuk memudahkan pencarian saat terjadi kejadian di wilayah tersebut,” jelas AKBP Siti Rondhijah.


Tim penilai lomba Poskamling dari Polda Jateng disambut Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan. (Istimewa)

 

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan mengapresiasi dan berterima kasih atas antusias warga yang telah berpartisipasi dan menyaksikan kegiatan lomba pos kamling di Dusun Bangsri, Desa Tambakselo.

“Terima kasih kepada warga yang berpartisipasi dalam lomba sat kamling ini. Apresiasi untuk pemasangan CCTV di pos kamling untuk mempermudah pengawasan dan pelayaan,” kata Kapolres Grobogan.

Lebih lanjut Ketua tim penilaian dari Polda Jateng mengatakan bahwa yang paling penting dalam lomba Kamling tersebut adalah keaktifan dari sat kamling itu sendiri. Kegiatan ini rutin dari Polda Jateng dalam menyambut Hari Bhayangkara ke 77. 

"Namanya lomba ada yang menang dan ada yang kalah, kalau bisa juara itu bonus. Namun yang penting adalah aktifnya sat kamling itu sendiri," ujar AKBP Siti Rondhijah. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut